Meski Banyak Desa Belum Laporkan SPJ, ADD Tahap Dua Segera Dicairkan Pekan Ini

garutexpress.id- Pemkab Garut akan segera mencairkan anggaran Alokasi Dana Desa (ADD) tahap 2. Rencannya ADD kali ini di antaranya dialokasikan untuk bantuan jaminan keluarga terdampak wabah virus corona (COVID-19).

”Minggu depan bantuan jaminan bagi keluarga yang suaminya berada di luar Garut karena tidak bisa mudik akan kita cairkan. Anggaran itu kita titipkan di ADD triwulan ke 2,” ujar Bupati Garut, Rudy Gunawan, di hadapan sejumlah awak media, Kamis (2/4/2020).

Rudy menyebut, revisi perubahan Peraturan Bupati (Perbup) untuk pengalokasian ADD tahap 2 sudah dimasukan di bagian hukum. Setelah Perbup itu keluar maka anggaran segera dicairkan.

”Sangat Darurat sekali, ini menjadi pertimbangan kita juga dalam mencegah penyebaran COVID-19, kita lakukan proses percepatan kendati masih banyak desa yang belum melaporkan SPJ pertanggungjawaban penggunaan ADD tahap 1,” katanya.

Dijelaskannya, saat ini Pemkab Garut mengambil kebijakkan untuk meningkatkan anggaran ADD, biasanya 10% dari dari dana transfer dengan menaikan 2% sehingga menjadi 12%.

”Untuk DD yang nilainya 40% masih terus dikonfirmasikan oleh DPMD Garut kepada KPPN.” ujarnya. (*)

Penulis : Tim GE
Editor : ER


LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here