Kabar Duka, IDI Umumkan 12 Dokter Meninggal Direnggut Virus Corona

Petugas medis membawa pasien ke ruang isolasi saat simulasi penanganan pasien virus corona di RS Hasan Sadikin, Bandung, Jawa Barat, Jumat (6/3/2020). ANTARA FOTO/M Agung Rajasa.***

garutexpress.id- Dunia medis tanah air tengah diselimuti berita duka. Dokter dan para medis yang menjadi garda terdepan dalam penanganan pandemi COVID-19 di Indonesia kini telah berpulang.

Ikatan Dokter Indonesia (IDI) pada Selasa (31/3/2020), mengumumkan dua anggota IDI yang berjuang membantu para pasien yang terjangkit virus itu telah meninggal duni.

Sehingga total hingga saat ini jumlah dokter anggota IDI yang meninggal akibat COVID-19 menjadi 12 orang.

Humas PB IDI Abdul Halik Malik mengatakan dua dokter yang baru meninggal ini salah satunya karena dinyatakan positif corona. Sedangkan lainnya karena kelelahan dalam tugasnya menangani pasien-pasien.

“Sejauh ini laporan yang sampai ke pengurus besar IDI, ada 12 dokter yang meninggal. 11 di antaranya terpapar virus corona atau positif Covid-19, satu dokter meninggal karena kelelahan dalam tugas terkait wabah corona,” kata Abdul seperti dilansir dari detik.com, Rabu (1/4/2020).

Adapun dua dokter yang dimaksud adalah dr H Efrizal Syamsudin yang merupakan Direktur RSUD Prabumulih dan dr Ratih Purwarini, Direktur RS Duta Indah Jakarta Utara.

Abdul Halik menjelaskan, sebelum berpulang, dr Efrizal dinyatakan positif Covid-19 setelah sebelumnya menjadi pasien dalam pengawasan (PDP). Sedangkan dr Ratih sempat dirawat karena kondisinya yang kelelahan sejak 28 Maret 2020.

“dr Efrizal sempat dirawat dengan status PDP dan sudah sempat di tes swab. Tapi, meninggal sebelum hasil tesnya keluar. Terakhir info dari IDI wilayah setempat, hasil tes swabnya positif Covid-19,” terangnya.

“dr Ratih dirawat sejak hari Sabtu (28/3/2020). Mulai demam hari Jumat (20/3/2020), batuk-batuk, diare dan muntah-muntah pada Senin, Kamis (26/3/2020) desaturasi. Pada Sabtu, inkubasi tapi kesulitan untuk mendapatkan ventilator dan tidak tertolong,” pungkasnya. (*)

Sumber : cnbcindonesia


Berita Lainnya :

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here