Jaga Keselamatan Warga dari Ancaman Covid-19, Pemdes Talagajaya Tempuh Langkah Preventif

Jaga Keselamatan Warga dari Ancaman Covid19, Pemdes Talagajaya Tempuh Langkah Preventif www.garutexpress.id
Pemdes Talagajaya

Garutexpress.id – Guna menjaga keselamatan warga, langkah antisipasi terhadap penyebaran corona virus (covid-19) terus dilakukan pemerintah Desa Talagajaya, Kecamatan Banjarwangi, Kabupaten Garut.

Rabu, (1/4/2020), Kepala Desa Talagajaya, Deni Indra Purnama, dibantu unsur TNI-Polri dan relawan tingkat desa melakukan sterilisasi dengan menyemprotkan cairan disinpektan dibeberapa titik lokasi seperti tempat ibadah, sekolah dan sarana publik lainya.

“Ada beberapa langkah preventif atau pencegahan kita lakukan semaksimal mungkin agar covid-19 ini tidak mengancam keselamatan warga disini,” tegas kades.

Dalam sepekan ini pihaknya telah menyiapkan sejumlah strategi pencegahan mulai dari pembentukan relawan, sosialisasi kepada warga, penyediaan fasilitas kebersihan, dan penyemprotan disinpektan.

Sampai hari ini, kades menyebut seluruh warganya dalam kondisi terjaga dari wabah covid-19. Kendati demikian, ia menegaskan akan terus melakukan pemantauan kondisi kesehatan warganya, terlebih yang tercatat sebagai pemudik dari kawasan zona merah.

“Sejauh ini hasil pendampingan dari berbagai pihak terkait, belum ditemukan warga yang terindikasi gejala covid-19. Kita berharap agar kondisi ini stabil, terus terjaga sampai fase wabah ini berakhir nanti. Memang, berdasarkan data yang kita himpun, ada beberapa warga yang baru mudik dari luar kota. Tetapi kita pastikan mereka terus mendapat pendampingan penuh waktu dari layanan kesehatan tingkat kecamatan,” terangnya.

Selain langkah – langkah preventif dari pihak desa dan porkopimcam, kepala desa juga berpesan kepada warganya agar tetap menjaga pola hidup dan interaksi sehat. Menurutnya hal tersebut menjadi pondasi pencegahan paling dasar dimulai dari lingkungan keluarga.

“Jika setiap keluarga menerapkan pola hidup dan interaksi sehat, InsyaAlloh beragam pencegahan yang kita lakukan akan menjadi lebih efektif. Apapun, bagaimanapun, kita 3 pilar pembangunan desa akan terus berusaha agar virus itu tidak sampai menjangkiti warga Desa Talagajaya,” tegasnya.

Sampai hari ini, pemerintah Kabupaten Garut secara resmi telah mengumumkan satu orang warga asal Wanaraja positif terjangkit covid-19. Pemda pun berharap agar kasus ini bisa ditekan dengan upaya-upaya preventif yang dilakukan pemeritah tingkat desa dan layananan kesehatan di tingkat kecamatan.

Penulis: DONIMELODY


LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here