Garut Terapkan PSBB, Bupati: Masalah Jaminan Sosial Sudah Disiapkan

Bupati Garut menyerahkan bantuan di salah satu Desa di Kabupaten Garut kepada warga kurang mampu.*

Garutexpress.id – Kabupaten Garut menjadi salah satu daerah yang menyetujui pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). Pemkab Garut mendukung penuh kebijakan Pemerintah Provinsi Jawa Barat yang akan melakukan PSBB tingkat provinsi pada 6 Mei 2020.

Persoalan paling prinsif dalam PSBB tentunya kesiapan pemerintah dalam menyediakan kebutuhan dasar masyarakat. Dalam hal, ini kesiapan Pemkab Garut dan Provinsi Jawa Barat dalam menyediakan jaminan sosial bagi warga.

Ditanya soal jaminan sosial, Bupati Garut, Rudy Gunawan, menuturkan, masalah jaminan sosial sudah disiapkan.

“Jaminan sosial sudah dipertimbangkan provinsi dan kita (Pemkab Garut),” ucapnya.

Bupati mengaku, penerapan PSBB diharap bisa menekan penyebaran Covid-19. Ia menilai, social dan physical distancing belum efektif memutus wabah corona di Garut.

Related Post

“Masih ada titik keramaian selama ini. Dengan PSBB, kami bersama polisi, TNI, dan kejaksaan bisa mengupayakan pencegahan keramaian,” kata Rudy, Kamis (30/4/2020) di Gedung Pendopo Garut.

Jika disetujui, PSBB di Garut akan dimulai pada 6 MeI 2020. Konsekuensi PSBB yakni pemerintah harus menyiapkan jaminan sosial bagi warga.

Saat disinggung masih banyak warga yang melakukan Mudik dari zona merah, Bupati menandaskan akan menindak secara humanis. Selain itu, Polisi dan TNI sudah melakukan penyekatan di titik perbatasan.

“Tentu harus ditindak. Tapi jangan kesampingkan juga aspek kemanusiaan,” pungkasnya. (*)

Penulis: Hastama Ibrahim
Editor: Farhan SN


Juragan Farhan:
Leave a Comment

This website uses cookies.