Data Covid- 19 Hari Ini, Satu ODP Meninggal di Banjarwangi dan Satu Positif di Garkot

Garutexpress.id – Korban Covid- 19 atau virus corona di Garut terus berjatuhan. Hari ini, orang dalam pemantauan (ODP) di Kecamatan Banjarwangi meninggal dunia. Ditambah lagi, satu orang perempuan berusia 47 di Kecamatan Garut Kota (Garkot) dinyatakan positif Covid- 19.

Juru bicara penanganan Covid- 19 Kabupaten Garut, Ricky Rizky Darajat mengatakan, hari ini kasus Covid- 19 di Kabupaten Garut bertambah 1 orang. Kasus Konfirmasi positif Covid-19 ke 7 di Kabupaten Garut atau disebut dengan KC- 07.

Identitasnya, yaitu seorang perempuan berusia 47 tahun dari Kecamatan Garut Kota. Dengan demikian total kasus konfirmasi Positif sampai hari ini sebanyak 7 kasus. Rinciannya 4 laki-laki dan 3 perempuan.

“KC-7 pada saat ini sudah dalam proses perawatan di RSUD dr. Slamet Garut.
Sesuai standar penanggulangan Kovid- 19,” kata Riky, Sabtu (25/4/2020).

Selain itu, kata Riky, terdapat 1 ODP meninggal hari ini yaitu laki-laki 17 tahun dari Kecamatan Banjarwangi.

“Dapat kami informasikan, bahwa ODP ini memiliki riwayat perjalanan sebelumnya dari Kota Bogor. Pada Tanggal 10 April lalu, pulang ke rumahnya di Kecamatan Banjarwangi,” ungkap Riky.

Sekitar tanggal 17 April 2020, kata Riky, ODP menderita demam tinggi dan baru tanggal 24 April 2020 dibawa ke Puskesmas Banjarwangi dalam kondisi tidak sadar. Pada saat itu pula, ODP tersebut dirujuk ke RSUD dr Slamet Garut.

“Namun pada hari ini sekitar Pukul 10.00 WIB, ODP meninggal. Kendati demikian, ODP telah mendapatkan penanganan sebagaimana prosedur penangan Covid-19,” ucapnya.

Selain itu, ungkap Riky, hasil penelusuran Tim surveilans Dinas Kesehatan Kabupaten Garut, diperoleh informasi adanya penyakit penyerta lainnya diduga akibat peradangan di otak.

Sebagai langkah antisipasi, kata dia, pada hari ini pula dilakukan Tracing dan Tracking terhadap kontak erat KC-06 di Kecamatan Cikajang. Namun sampai release ini disampaikan kegiatan tersebut masih berlangsung dan dalam tahap validasi data.

Oleh sebab itu, kata Riky, total kasus Covid 19 sampai hari ini (OTG, ODP, PDP dan Konfirmasi +) sebanyak 2.779
kasus. Terdiri dari OTG 438 orang, dimana 259 masih dalam tahap observasi dan 179 selesai masa observasi tanpa ada kasus kematian.

Sementara itu, ODP 2.287 kasus 111 kasus masih pemantauan, 7 dalam perawatan, dan 2.169 selesai pemantauan dimana 10 diantaranya meninggal. Kemudian PDP sebanyak 47 kasus (4 kasus sedang dalam perawatan dan 43 kasus selesai pengawasan dimana 8 diantaranya meninggal.

“Untuk kasus ODP yang terdeteksi hari ini, sebanyak 31 kasus. Saat ini sedang difasilitasi pengecekan kesehatannya,” kata Riky.

Untuk kasus konfirmasi positif Covid- 19 menjadi 7 kasus. Terdiri 5 dalam perawatan di rumah sakit, 1 kasus isolasi mandiri di rumah menunggu hasil laboratorium dan 1 kasus meninggal.

Diakhir pembicaraan, Riky menyampaikan permohonan maaf atas ralat data sebelumnya menyebutkan bahwa terdapat 9 orang PDP meninggal, Data yang benar adalah sebanyak 8 orang.

“Terdapat 1 PDP yang meninggal dan dimakamkan di Kecamatan Wanaraja, yang sebelumnya telah mendapatkan perawatan di salah satu rumah sakit di Bandung. Setelah ditelusuri bahwa PDP tersebut berdomisili di Batu Nunggal Buah Batu Bandung, sehingga data pasien tersebut dikeluarkan dari data PDP Kabupaten Garut,” ungkapnya. (*)

Penulis: Mahesa Hastama Ibrahim
Editor: Farhan SN


LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here