BREAKING NEWS : Cimanuk Kembali Meluap, Sejumlah Pemukiman Warga Terendam

SUNGAI Cimanuk meluap di kawasan Harupanggung, Kecamatan Tarogong Kidul, Kabupatem Garut, Selasa (07/04/2020)/ foto : doc. Warganet.***

garutexpress.id- Intensitas hujan cukup tinggi sekira pukul 17.00 hingga pukul 19.30 WIB mengguyur beberapa kawasan di Kabupaten Garut, Selasa (07/04/2020). Dampak dari hujan teresebut dikabarkan beberapa titik wiilayah di Kabupaten Garut terendam banjir.

Bahkan, aliran Sungai Cimanuk yang meilntas di kawasan Cimacan- Haurpanggung, Kecamatan Tarogong Kidul, Kbaupaten Garut mulai meluap. Akibatnya, beberapa rumah warga di kawasan tersebut mulai terendam banjir.

KONDISI pemukiman penduduk yang terendam banjir di kawasan Cigugur, Desa Tanjungjaya, Kecamatan Banjarwangi, Kabupaten Garut, Selasa (07/04/2020)***

Asep, salah seorang penduduk setempat mengaku waswas, setelah mengetahui Sungai Cimanuk meluap dan lua[an airnya mulai memasuki rumah rumah warga yang berada di bantaran sungai.

“Inalillahi, Sungai Cimanuk mulaimeluap lagi, kami khawatir jika tidak segera surut luapan Cimanuk akan menghanyutkan rumah warga,” tuturnya, Selasa (07/04/2020) malam.

Selain di kawasan Tarogong kidul, luapan sungai juga terjadi di kawasan selatan Garut. Menurut Iman Tasdik, salah seorang warga yang tengah mengunjungi kawasan selatan Garut menyebut. Ada beberapa titik banjir yang menggenangi kawasan tersebut.

“Ya, ada beberapa titik banjir yang melanda kawasan di Garut, di antaranya Cikajang, Cisurupan, Banjarwangi, Singajaya dan Peundeuy,” ungkapnya.

Iman menyebut, banjir yang melanda beberapa wilayah di Garut ini merupakan bukti rusakanya ekosistem hutan di pegunungungan akibat pembalakan liar dan sejenisnya yang dilakukan pihak tak bertanggung jawab.

“Saya kira banjir yang terus berulang ini adalah satu bukti rusaknya hutan akibat pembalakan liar, pembukaan lahan dan sejenisnya oleh pihak yang tak bertanggung jawab. Entah sampai kapan ini dibiarkan, saya harap pemerintah (Pemkab Garut) peduli dengan kondisi memprihatinkan ini,” kata Iman.

Hingga berita ini diturunkan, belum ada keterangan resmi dari pemerintah setempat terkait dampak musibah  banjir di tengah wabah COVID-9 yang masih menjadi fokus perhatian. (*)

Penulis : Tim GE

Editor   : ER


Berita Lainnya :

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here