Wow! XL dan Telkomsel Gratiskan Kuota Internet, Berikut Caranya…

garutexpress.id- Sebagai upaya untuk mencegah penyeberan wabah virus corona, baru-baru ini pemerintah mengeluarkan kebijakan agar siswa di tiap daerah belajar di rumah.

Menanggapi hal ini, Telkomsel bekerja sama dengan aplikasi belajar online Ruangguru untuk memudahkan proses belajar mengajar di rumah.

Tak hanya Telkomsel, provider internet XL pun ternyata tak mau kalah dan sudah menyiapkan kuota internet gratis untuk mengakses aplikasi pembelajaran online.

Dilansir dari Kompas.com pada Rabu (18/3/2020) Operator seluler XL Axiata memberikan kuota gratis sebesar 2 GB setiap harinya, untuk mengakses sejumlah aplikasi belajar online, seperti RuangGuru, Udemy dan Zenius.

Telkomsel sendiri sebelumnya dilaporkan telah menyediakan kuota sebesar 30 GB secara gratis selama 30 hari untuk mengakses materi di aplikasi Ruangguru.

Telkomsel hanya menyediakan kuota internet gratis ini untuk mengakses materi “Sekolah Online” dan “RuangBelajar” di aplikasi Ruangguru.

Sedangkan, Ruangguru hanya menggratiskan materi “Sekolah Online”.

Pengguna harus tetap berlangganan (berbayar) Ruangguru terlebih dahulu untuk bisa mengunduh materi lainnya.

Itu artinya, semua pengguna Telkomsel, baik SimPATI, KartuAS, Loop, maupun Kartu Halo, bisa mengakses materi di Ruangguru secara cuma-cuma. Lantas, bagaimana cara mengaksesnya?

Pertama, pengguna Telkomsel harus membeli dulu kuota khusus Ruangguru di aplikasi My Telkomsel.

Penawaran itu bisa ditemukan dengan mengklik menu beli paket, lalu pilih internet, kemudian pilih menu “Bebas akses” dan pilih “Bebas akses Ruangguru”.

Kemudian lanjutkan proses dengan klik “Beli”. Apabila aktivasi berhasil, pengguna akan menerima notifikasi melalui SMS.

Langkah berikutnya adalah mengakses materi di aplikasi Ruangguru.

Perlu diketahui bahwa kuota khusus Telkomsel tersebut digunakan untuk mengakses menu RuangBelajar, termasuk artikel dan video di dalamnya. Kuota data untuk mengunduh dan streaming video itu akan digratiskan hingga kuota 30 GB.

Di sinilah kuota 30 GB Telkomsel akan dimanfaatkan. Akses materi pembelajaran itu akan menyedot kuota bebas akses Ruangguru, bukan kuota utama pengguna Telkomsel.

Menu RuangBelajar sendiri akan muncul setelah pengguna login di aplikasi Ruangguru, lalu memilih jenjang pendidikan dan provinsi tempat tinggal.

Selain itu, ada juga menu Sekolah Online yang digratiskan oleh Ruangguru.

Fitur ini bisa diakses siapa saja, baik pengguna Ruangguru lama maupun baru, tanpa terbatas pada satu operator seluler tertentu.

“Sekolah Online terbuka untuk semua. Enggak perlu berlangganan,” jelas Adamas Belva Syah Devara, CEO dan Co-Founder Ruangguru, ketika dihubungi KompasTekno, Selasa (17/3/2020).

Di sini, ada berbagai video materi pembelajaran dari berbagai jenjang pendidikan dari SD hingga SMA. Mulai 16 Maret 2020, akan tersedia 15 kanal live-teaching yang dimulai pukul 08.00-12.00.

Perlu diperhatikan juga bahwa akses gratis ini hanya bisa dilakukan via smartphone, bukan PC (laptop/desktop) melalui koneksi mobile tethering.

Sekolah Online Gratis Ruangguru. (Instagram @ruangguru)

Ruangguru, Zenius Education, Quipper, Cakap, dan Bahaso

Tak hanya bekerja sama dengan Ruangguru, kini Telkomsel menggandeng empat startup pendidikan lain, yakni Zenius Education, Quipper, Cakap, dan Bahaso.

Kerja sama ini diwujudkan melalui paket Ilmupedia 30 GB, di mana pengguna simPATI, Kartu AS, Loop, dan Kartu Halo bisa memanfaatkan fitur e-learning pada empat aplikasi tersebut secara gratis.

“Upaya ini merupakan bentuk gotong royong kami untuk memudahkan akses pembelajaran bagi pelajar, guru, dan orang tua, karena kami memahami proses belajar harus tetap terjaga di masa sulit seperti ini sekalipun,” jelas Direktur Utama Telkomsel Setyanto Hantoro melalui keterangan tertulis dilansir dari KompasTekno, Rabu (18/3/2020).

Akses cuma-cuma itu bisa dimanfaatkan selama 30 hari sejak diaktivasi. Paket ini bisa diaktivasi pengguna prabayara maupun pascabayar Telkomsel mulai 17 Maret 2020.

XL

Pelanggan XL Axiata sudah bisa merasakan layanan gratis tersebut terhitung sejak Rabu (18/3/2020) dan akan berlangsung hingga 31 Maret 2020 mendatang.

Tak cuma terbatas untuk aplikasi pembelajaran saja, selama 14 hari ke depan, pelanggan XL juga dapat mengakses Microsoft Office 365 untuk melakukan kegiatan kerja secara online.

Presiden Direktur & CEO XL Axiata, Dian Siswarini mengatakan bahwa pihaknya menjalankan langkah ini guna membantu siswa dan karyawan yang sedang bekerja serta belajar di rumah. (*)

Sumber : tribunenews


Berita Lainnya :

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here