Virus Corona Mewabah, Jumlah ODP di Garut Tercatat Ada 178 Orang

garutexpress.id- Terkait mewabanhya virus corona (Covid-19) di Kabupaten Garut, jumlah orang dalam pemantauan (ODP) meningat drastis. Total ada 178 ODP yang terdata tim penanganan setempat.

Menurut Juru Bicara Pusat Informasi dan Koordinasi Covid-19 Garut, Ricky Rizki Darajat, hingga hari Selasa (24/3/2020) malam tidak ditemukan kasus positif corona di Garut. Namun jumlah ODP terus bertambah dan telah menjalani isolasi diri.

“Untuk PDP (pasien dalam pengawasan) total sudah tujuh orang. Lima PDP sudah dinyatakan negatif. Empat sudah pulang dan satu meninggal. Sedangkan dua PDP lain masih menjalani perawatan,” ujar Ricky, Rabu (25/3/2020).

Ditambahkannya, pada Senin (23/3/2020), sempat ada tiga orang PDP di RSUD dr Slamet. Namun setelah diperiksa hanya satu orang yang dinyatakan PDP.

“Dua PDP yang dirawat yakni pria berumur 57 tahun dan seorang anak laki-laki berusia 4 tahun. Masih ditangani tim medis dan diambil sampelnya,” tukasnya.

Peningkatan penemuan jumlah kasus ODP yaitu sebanyak 72 kasus dibanding dua hari lalu. Sebanyak tiga ODP sudah dinyatakan selesai masa pemantauannya dan dinyatakan sehat.

“23 pasien masih dalam proses perawatan di rumah sakit dan puskesmas, dan 152 ODP dalam pemantauan Dinas Kesehatan dan Puskesmas,” katanya.

Terkait informasi adanya ibu hamil yang masuk kategori ODP pada hari Senin, Ricky membenarkannya. Ibu hamil itu sudah mendapatkan penanganan perawatan layaknya pasien ODP lainnya.

Selain itu, mengenai adanya informasi bayi berumur 1 bulan yang meninggal diperjalanan saat proses rujukan, Ricky menjelaskan, bahwa informasi tersebut juga benar.

“Namun meninggalnya bayi tersebut tidak ada hubungannya dengan Covid-19. Berdasarkan penjelasan tenaga medis, bayi datang ke Puskesmas dalam keadaan kondisi fisik yang menurun. Dengan gejala gangguan pernafasan berat,” katanya. (*)

Penulis : FW

Editor   : ER


Berita Lainnya :

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here