Dampak Wabah Corona, Sejumlah Liga Sepakbola Dunia Merana

garutexpress.id- Wabah virus corona di kota Wuhan pada akhir 2019 membuat sejumlah wilayah Tiongkok ditutup sementara belahan dunia lainnya waspada.

Meski telah melakukan langkah-langkah pencegahan penyebaran, virus sekarang sudah menyabar ke seluruh penjuru dunia, termasuk Britania Raya, Amerika Serikat, Australia, sejumlah neara Eropa dan Indonesia.

Pembatasan perjalanan diterapkan di Tiongkok, khususnya di wilayah yang paling terdampak, sementara sejumlah negara mengeluarkan himbauan agar menghindari kunjungan ke negara-negara yang terdampak secara serius.

Bagaimana dampak virus Corona terhadap sepakbola? Dampaknya sangat serius pada sederet event olahraga yang paling digemari di muka bumi ini. Berikut paparannya.

ASIA
Piala Super Tiongkok yang pada awalnya direncanakan digelar pada 5 Februari telah ditunda. Liga Champions Asia juga terdampak dengan AFC mengambil sikap menunda duel-duel babak grup.

Pertandingan-pertandingan yang melibatkan tim-tim asal Tiongkok dijadwal ulang hingga April dan Mei 2020 sementara babak 16 besar Zona Timur ditunda hingga 16 dan 17 Juni, sementara leg kedua dimainkan 23 dan 24 Juni.

Liga Super Tiongkok 2020, yang seharusnya sudah dimainkan pada 22 Februari ditunda hingga waktu tak terbatas, keputusan ini diambil Federasi Sepakbola Tiongkok setelah berkonsultasi dengan pemerintah. J-League, K-League, Thai League dan V.League juga mendapat penundaan.

Tim-tim peserta J.League pada awalnya sepakat penundaan hingga 18 Maret 2020 namun sekarang mereka setuju untuk memperpanjang waktu. Ketidakpastian ini secara natural berdampak pada kehidupan para bintang sepakbola, sejumlah nama tenar lapangan hijau sekarang dispekulasikan bakal meninggalkan negara-negara yang terdampak..

Kualifikasi sepakbola untuk Olimpiade Tokyo 2020 yang melibatkan Australia, Thailand dan Cina Taipei di awal Februari yang rencananya dimainkan di Tiongkok telah dipindahkan sepenuhnya ke Sydney.

“Keamanan semua pemain, ofisial dan fans adalah tujuan tertingi Federasi Sepakbola Australia dan Konfederasi Sepakbola Asia,” tutur ketua umum FFA Chris Nikou. “Dan kami yakin kami bisa dengan sukses menggelar turnamen di Sydney.”

Tidak ada pemain asal Wuhan di skuad putri Tiongkok, dan semua pemain harus menjalani tes virus corona dan dinyatakan negatif untuk ikut terbang bersama rombongan. Tim Tiongkok juga dikarantina di sebuah hotel di Brisbane hingga 5 Februari, sesuai dengan himbauan bagi mereka yang datang dari Wuhan harus mengisolasi diri.

AFC mengumumkan penundaan Kejuaraan Futsal Asia yang seharusnya diselenggarakan di Turkmenistan antara 26 Februari dan 8 Maret, dan jadwal baru untuk kompetisi ini telah ditentukan yaitu pada 5-16 Agustus 2020. Turnamen ini menjadi babak kualifikasi Piala Dunia Futsal 2020 di Lithuania yang rencananya dimulai 12 September mendatang.

Ofisial AFC juga telah bertemu dengan FIFA untuk membahas pertandingan Kualifikasi Piala Dunia 2022 di Qatar dan otoritas sepakbola tertinggi dunia itu telah memutuskan duel tanggal 23-21 Maret 2020 dan 1-09 Juni 2020 ditunda hingga pemberitahuan berikutnya.

Meski demikian, pertandingan di tanggal-tanggal tersebut masih memungkinkan untuk dimainkan sesuai dengan kesepakatan tim yang bertanding namun harus melalui persetujuan dari FIFA dan AFC terlebih dahulu.

Otoritas sepakbola Uni Emirat Arab telah melarang suporter menyaksikan langsung pertandingan ke stadion hingga pemberitahuan berikutnya.

Di Indonesia, PSSI melalui Ketua Umum Mochamad Iriawan masih menanti arahan dari pemerintah sebelum mengambil langkah lebih jauh namun kabar terkini menyebutkan duel lanjutan Kualifikasi Piala Dunia 2022 yang melibatkan Indonesia yang sebelumnya dijadwalkan pada Maret akan digeser ke Oktober hingga November.

EROPA
Virus Corona mengguncang Italia. Sejumlah pertandingan Serie A Italia telah ditunda seiring wabah yang terjadi di negara tersebut.

Terkini Perdana Menteri Giuseppe Conte mengumumkan lockdown untuk seluruh Italia hingga kegiatan sepakbola harus berhenti hingga batas waktu yang belum ditentukan. Dengan demikian Serie A hingga Coppa Italia harus berhenti berputar.

Mengingat skala wabah di Italia yang ditambah fakta negara-negara tuan rumah Euro 2020 sedang bekerja keras untuk mencegah penyebaran, maka timbul kekhawatiran soal gelaran Euro pada musim panas nanti. EUFA telah mengeluarkan isyarat sedang memantau situasi dengan seksama dan mereka akan mengikuti kebijakan dari negara-negara yang terdampak.

Di Inggris, Odion Ighalo yang dibeli Manchester United harus menghabiskan awal-awal petualangannya di Old Trafford dengan menjauh dari anggota skuad mengingat dia dipinjam dari klub Tiongkok Shanghai Shenhua, sementara sederet tim Liga Primer lainnya sudah menyatakan melarang bersalaman di komplek latihan.

Pertandingan di Swiss yang seharusnya digelar pada awal Maret telah ditunda, sementara tim LaLiga Spanyol Valencia, sudah mengambil langkah untuk meminimalkan dampak dengan membatalkan sejumlah event yang mengharuskan mereka berinterasi dengan pihak luar. Sementara itu Saint-Etienne sudah menutup sesi latihan terbuka mingguan.

Ligue 1 Prancis telah menyatakan seluruh pertandingan hingga 15 April dilakukan jauh dari keriuhan suporter di tribun stadion. Sementara itu dari Belanda, tiga pertandingan Eredivisie pekan ini dibatalkan tanpa kepastian kapan akan berlangsung. Pertemuan antara tim peserta dengan otoritas liga segera digelar untuk menentukan nasib kompetisi.

Langkah pencegahan juga dilakukan oleh LaLiga Spanyol, mereka telah memastikan dua pertandingan ke depan akan berlangsung tanpa penonton.

Di kompetisi antarklub Eropa, menggelar pertandingan Liga Europa dan Liga Champions yang pada awalnya merupakan sebuah ide akhirnya menjadi kenyataan. Sejumlah pertandingan seperti PSG vs Borussia Dortmund, Sevilla vs AS Roma dan Olympiakos vs Wolverhampton dipastikan digelar tanpa suporter.

AFRIKA
Di Maroko, bagian utara Afrika, otoritas telah mengambil keputusan untuk memainkan semua pertandingan tanpa penonton untuk meminimalkan risiko penyebaran virus.

Ligue Professionnelle 1 Aljazair sudah memastikan menggelar seluruh pertandingan tanpa penonton, sementara Piala Super Tunisia ditunda tanpa batas waktu. (*)

Penulis : Gunawan Widyantara/goal.com


Berita Lainnya :

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here