Antisipasi COVID-19, Pemdes Sanding Lakukan Tes “Screening” Warganya

garutexpress.id,-Tindakan preventif  dalam mengantipasi kemungkinan terninfeksinya warga dari wabah virus corona (COVID-19) pemerintah Desa Sanding, Kecamatan Malangbong, Kabupaten Garut menyiapkan tenda untuk pemeriksaan tes screening bagi warga yang datang dari luar kota ke Desa Sanding dan sekitarnya.

Pemeriksaan warga, khsusunya para pemudik itu dilakukan guna mencegah  dan memutus mata rantai penyebaran COVID-19.

Sekretaris Desa Sanding, Tatang Koswara mengatakan, sekarang ini pihaknya tengah menyediakan fasilitas tenda khusus  untuk tes screening bagi warga yang habis bepergian dari luar kota. Sebab khawatir, ketika warga dari  luar kota pulang kampung, membawa CVID-19.

” Kami lakukan pemeriksaan bagi warga Sanding dan sekitarnya  yang baru pulang dari luar kota, maupun warga pendatang yang hendak ke Sanding untuk antisipasi dan pencegahan sejak dini,” ungkapnya, Ahad (29/3/2020).

Sejauh ini berdasarkan hasil tes screening yang dilakukan oleh Tim Relawan Desa Tanggap Covid19 belum ditemukan adanya warga yang terindikasi terinfeksi wabah Covid 19. Namun kami akan tetap melakukan tes Screening untuk menjaring kemungkinan adanya Orang dalam pemantauan  (ODP) sekaligus antisipasi dan pencegahan penyebaran COVID-19. lanjutnya

Sementara itu, Kepala Desa Sanding, Heri Supriadi menyebut hingga saat ini kurang lebih 720 warga sanding masih berada di luar kota. Ia mengatakan sudah terjaring setidaknya 90 warga yang sudah melakukan tes screening.

” Malam ini sudah kembali terdata 29 warga dan pergerakannya masif dan cepat,” katanya saat diujmpai garutexpress.id, Ahad (29/3/2020).

Dijelaskannya setiap warga yang datang  atau kembali ke sanding  langsung diarahakan ke posko masuk bilik disinfektan, kemudian tangan disemprot handuk sanitaizer, diberi vitamin C, didata sampai dengan riwayat perjalanan/tempat merantau, ditanya keluhan, diberi sedikit pembekalan mengenai pencegahan COVID-19.

“Termasuk setelah ini harus mengisolasi diri di rumah selama 24 hari, bila memiliki keluhan disarankan langsung diperiksa di Puskesmas Bunisari,” ungkapnya.

Ditambahkannya, upaya nyata kini dilakukan Pemerintah Desa Sanding dalam Desa Tanggap COVID-19, selain mensosialisasikan Maklumat Kapolri serta surat edaran pemerintah dan juga menutup rapat setiap pergerakan yang membahayakan. Selain itu Tim Relawan juga melakukan penyemprotan secara menyeluruh.

Salah satu tokoh masyarakat sekaligus Anggota Badan Permusyawaratan  Desa ( BPD ) Sanding Undang Solihin menuturkan, seluruh warga Sanding merespon baik upaya yang dilakukan pemerintah Desa Sanding.

” Tingkat kesadaran warga terhadap persoalan ini sangat baik  ditambah  warga sudah melek IT, sehingga sosialisasi kami terbantu lewat media elektronik, termasuk media sosial membantu tingkat kesadaran masyarakat,” katanya.

Dikatakannya, warga sadar dan mendukung dengan kondisi saat ini dan antusias dengan upaya Pemdes Sanding dalam penanganan pencegahan COVID-19 ini serta mengikuti instruksi pemerintah. (*)

Penulis : TAF Senopati

Editor   : ER


LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here