Ada Beberapa Manfaat Daun Bawang yang Jarang Diketahui, Berikut Di Antaranya

garutexpress.id- Daun bawang banyak dikenal orang sebagai penyedap makanan. Aromanya yang harum membuat banyak orang memanfaatkannya untuk menyempurnakan aroma makanan yang sedang dibuatnya. Biasanya daun bawang akan selalu menjadi campuran di masakan-masakan berkuah atau pun gorengan semacam martabak telur. Dan memang terbukti membuat rasanya semakin yummy.

Ada sebagian orang yang tidak suka daun bawang. Nah, yang biasanya tidak suka daun bawang adalah yang juga tidak suka makan sayur. Ini yang perlu diketahui dari awal, bahwa daun bawang bukan sekadar penyedap makanan saja tapi juga memiliki banyak khasiat untuk kesehatan tubuh. Kamu ingin memiliki tubuh yang sehat kan? Yuk, intip dulu apa saja manfaat daun bawang.

1. Mencegah anemia

Untuk mencegah menderita anemia. Kamu bisa mengonsumsi daun bawang sebagai penambah asupan zat besi untuk kesehatan tubuh. Daun bawang mengandung zat besi yang dapat memperbaiki sel darah merah dalam tubuh. Meningkatkan kandungan hemoglobin dan memperkuat jaringan tubuhmu.

2. Mengurangi stress

Stress dapat dialami siapa saja. Jika kamu salah satu yang memiliki jam istirahat yang kurang dengan segudang aktivitas dan bikin kamu lelah. Kamu bisa memulihkan suasana hatimu dengan mengonsumsi daun bawang. Tak sekadar aromanya yang harum namun juga khasiatnya dalam memperbaiki mood. Bisa jadi mood booster kamu, nih.

3. Bagus untuk pencernaan tubuh

Daun bawang kaya akan serat. Kandungan serat yang ada pada daun bawang dapat membantu memperlancar proses pencernaan dalam tubuh. Mengonsumsi daun bawang, pencernaan akan menjadi lancar sehingga kamu tidak akan memiliki masalah susah buang air besar.

Kesulitan buang air besar, maka akan terjadi penumpukan sampah di dalam usus/perut. Jika itu terjadi maka akan sangat mengganggu kesehatan dan aktivitas sehari-hari. Tentu kamu tidak mau itu terjadi kan? Jadi, jangan ragu konsumsi daun bawang ya.

4. Sebagai obat anti infeksi

Daun bawang tak sekadar kaya akan serat, vitamin K, zat besi dan aromanya yang harum. Namun, daun bawang memiliki sifat anti bakteri, anti virus dan anti jamur yang dapat mencegah terjadinya infeksi ketika kamu sedang mengalami luka. Ajaib kan? Sering disepelekan tapi kaya akan khasiat.

5. Menjaga kesehatan tulang

Daun bawang memiliki kandungan vitamin K yang tinggi. Vitamin K sangat bagus untuk kesehatan tulang. Untuk mencegah terjadinya demineralisasi pada tulang, kamu harus memperbanyak mengonsumsi asupan yang mengandung vitamin K.

Salah satunya adalah daun bawang. Selain itu, vitamin K juga berperan dapat memproduksi osteocalcin untuk menjaga kepadatan tulang, agar tulang menjadi kuat dan tidak mudah terserang penyakit tulang lainnya. (*)

Dari berbagai sumber


LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here