Tingkatkan Kebutuhan Gizi, Belasan Ribu Benih Ikan Ditabur di Situ Cukang Batu

garutexpress.id- Wakil Bupati Garut, Helmi Budiman menaburkan kurang lebih 15.000 benih ikan di Situ Cukang Batu, Desa Sukanagara, Kecamatan Pendeuy, Kabupaten Garut,  Senin (20/01/2020).

Diharapkannya, masyarakat, khususnya Desa Sukanagara, bisa memanfaatkan situ ini. Selain untuk kepentingan pengairan, juga untuk budidaya ikan agar kebutuhan gizi masyarakat terpenuhi.

Apresiasiasi disampaikan Wabup untuk Desa Sukanagara atas inisiatifnya membangun dan  mengembangkan Situ Cukang Batu. Selain emimilik daya tarik tersendiri situ ini masih terbilang perawan.

“Belum ada sentuhan pembangunan,  tapi sudah terlihat indah apalagi kalau sudah dibangun akan sangat indah,” katanya.

Dengan adanya dana desa, dan dibantu dari kabupaten melalui program Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Satu Desa Satu Objek Wisata, maka bisa digunakan untuk pembangunan yang berorientasi pada kesejahteraan masyarakat, tentunya dengan skala prioritas sehingga pembangunan benar-benar menjadi kebutuhan masyarakat.

“Situ ini selain punya daya tarik tersendiri juga bisa dikembangkan menjadi wisata, mengingat udaranya masih sejuk dan alami,” ujarnya.

Wabup berharap, desa-desa lain juga memiliki inovasi sesuai dengan kebutuhan masyarakatnya, untuk menjadikan desanya maju juga menjadikan masyarakatnya mandiri dan sejahtera.

Related Post

Dalam kesempatan yang sama, Kepala Desa Sukanagara, Iwan Kartiwan menjelaskan, Situ Cukang Batu memiliki luas kurang lebih 2 hektar,  berada tepat di antara perbatasan Kabupaten Garut dan Tasikmalaya.

“Alhamdulillah saya sangat bersyukur sekali Bapak Wakil Bupati Garut dr. Helmi Budiman bisa berkunjung ke desa kami, kami yakin seandainya para pemimpin seperti beliau yang suka turun ke bawah untuk melihat kondisi masyarakatnya, Kabupaten Garut akan jauh lebih maju,” katanya.

Iwan menyatakan terima kasih Kepada  Dinas Perikanan yang telah memberikan bantuan benih Ikan Nila Merah kurang lebih 15.000. Iwan menargetkan  hingga 100.000 benih ikan yang akan di tabur di Situ Cukang Batu.

“Kamipun kedepannya sesuai dengan intruksi Pak Wakil Bupati, Situ Cukang Batu ini akan djadikan objek wisata, dan Insya Allah kita akan benahi bertahap agar dapat memberikan kenyamanan kepada para pengunjung baik dari luar ataupun masyarakat sekitar,” pungkasnya.

Turut mendampingi dalam tabur benih ikan tersebut, Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Garut Beni Yoga Santika, Kepala Dinas Perikanan Yani, unsur Forkopimkec Peundeuy, sejumlah kepala desa, serta warga masyarakat sekitar. (*)

Penulis : Yans

Edtior   : ER


Juragan Farhan:
Leave a Comment

This website uses cookies.