Sejumlah Alat Pendeteksi Tsunami di Pantai Selatan Garut Rusak

garutexpress.id- Sebanyak delapan unit Early Warning System (EWS) atau alat peringatan dini tsunami yang dipasang di wilayah pesisir pantai selatan Kabupaten Garut dalam kondisi rusak.

Alat pendeteksi tersebut dipasang Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) pada tahun 2012. Pemasangan EWS untuk mengantisipasi terjadinya tsunami di wilayah pesisir.

Kabid Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Garut, Tubagus Agus Sofyan, mengatakan, EWS di pesisir Garut sudah lama tak berfungsi. Anggaran Pemkab tak mampu memperbaiki EWS.

“Butuh dana yang tak sedikit. Anggaran yang dimiliki Pemkab belum bisa mengalokasikan pemeliharaannya,” ujar Tubagus, di hadapan sejumlah awak media,  Senin (6/1/2020).

Related Post

Pihaknya sudah meminta kepada BNPB untuk memperbaiki EWS. Namun hingga kini belum ada tanggapan perbaikan EWS. “Ada ranah BMKG juga soal EWS ini. Kalau kami di daerah hanya menggunakan saja,” katanya.

Garut masih jadi daerah nomor dua rawan bencana di Jawa Barat. Pihaknya pun terus mengoptimalkan pengurangan risiko bencana. (*)

Penulis : FW

Editor   : ER


Juragan Farhan:
Leave a Comment

This website uses cookies.