Prihatin Penemuan Pohon Ganja, Bupati Garut Berharap Pelaku Dihukum Berat

Rudy Gunawan- Bupati Garut.***

garutexpress.id- Bupati Garut, Rudy Gunawan, mengaku prihatin dengan kasus penemuan lahan di kawasan lereng Gunung Guntur yang digunakan untuk menanam pohon ganja. Menurutnya, bisa saja hal serupa juga terjadi di daerah lainnya di Garut.

Dikatakan Rudy, di Garut masih banyak lahan di daerah terpencil yang masih jarang terjamah manusia. Lahan seperti ini sangat rawan disalahgunakan termasuk digunakan untuk menanam pohon ganja seperti yang baru-baru ini ditemukan di kawasan lereng Gunung Guntur.

“Bisa saja lahan yang digunakan untuk menanam pohon ganja itu bukan hanya yang ada di kawasan Gunung Guntur saja. Di Garut ini banyak tempat yang masih jarang terjamah karena ada di pelsosok atau di pegunungan,” ujar Rudy, Selasa (21/1/20202).

Penggunaan lahan untuk ditanami pohon ganja menurut Rudy jelas merupakan perbuatan yang salah dan melanggar hukum. Oleh karenanya dengan tegas ia menyatakan jika perbuatan seperti itu tak bisa dibiarkan bahkan tak bisa diampuni.

Menurutnya, pelaku penanaman pohon ganja harus mendapatkan hukuman yang berat. Hal ini dikarenakan ia bukan hanya punya niat menyebarkan barang haram yang bisa merusak generasi muda akan tetapi juga sengaja memproduksi sendiri dengan cara menanamnya.

“Pengguna dan pengedar saja sudah mendapatkan hukuman yang berat apalagi mereka yang sengaja memproduksi atau menanam. Ini sebuah niat jahat yang tentunya harus mendapat hukuman yang berat karena akibat dari perbuatannya yang sangat besar dampaknya,” katanya.

Related Post

Oleh karena itu, Bupati meminta kepada pihak kepolisian untuk terus melakukan pengusutan atau penyelidikan guna mengungkap siapa pelaku penanaman pohon ganja di kawasan lereng Gunung Guntur itu. Ia berharap pengungkapan bisa dilakukan secara tuntas sehingga juga bisa diungkap kemungkinan adanya pihak-pihak tertentu yang ingin merusak generasi muda di Garut.

Sebagaimana diberitakan sebelumnya, berawal dari laporan warga yang tengah berburu, petugas Polsek Tarogong Kaler dan Koramil Tarogong, Sabtu (18/1/2020) berhasil menemukan sekitar tiga puluh batang pohon ganja. Puluhan batang pohon ganja itu ditanam di sebuah lahan di kawasan lereng Gunung Guntur, tepatnya kawasan Blok Curug Cileungsing, Kecamatan Tarogong Kaler.

Petugas langsung mengamankan puluhan batang pohon ganja tersebut ke Mapolres Garut untuk dijadikan barang bukti. Untuk mencapai lokasi penanaman, petugas terlebih dahulu harus berjalan kaki selama 2 jam lamanya dengan medan yang ditempuh cukup terjal.

Kasatnarkoba Polres Garut, AKP Cepi Hermawan, menyebutkan hingga saat ini pihaknya masih melakukan penyelidikan guna mengungkap siapa pelaku penanaman pohon ganja tersebut. (*)

Penulis : Ahen

Editor   : ER


Juragan Farhan:
Leave a Comment

This website uses cookies.