Pemdes Barusari Gelar Musrenbangdes Tahun Anggaran 2020

garutexpress.id-  Pemerintah Desa (Pemdes) Barusari,  Kecamatan Pasirwangi, Kabupaten Garut, menggelar kegiatan Musyawarah Rencana Pembangunan Desa (Musrenbangdes) tahun Anggaran 2020.

Gelaran Musrenbangdes berlangsung di Gedung Desa Barusari, Kecamatan Pasirwangi , Kabupaten Garut, Selasa (14/01/2020).

Musrenbangdes merupakan forum musyawarah, salah satunya dengan membuat perencanaan tahunan di tingkat desa. Di antara bahasannya yaitu membahas dan menyepakati usulan kegiatan pembangunan hasil musyawarah dusun. Sementara itu hasil dari Musrenbangdes kemudian diusulkan di tingkat kecamatan.

Menurut Kepala Desa (Kades) Barusari  Usep Rojudin, melalui kegiatan Musrenbangdes ini akan mendorong partisipasi masyarakat desa dalam menyusun perencanaan pembangunan tahunan di tingkat desa.

“Kegiatan ini dimulai dengan tahapan penggalian gagasan di tiap-tiap dusun yang ada di Desa Barusari.  Hasil penggalian gagasan di tingkat dusun juga turut diikut sertakan sebagai bahan Musrenbangdes di tingkat desa,” ungkapnya.

Dijelaskannya, beberapa usulan tokoh masyarakat ikut mewarnai kegiatan ini dengan suasana hangat dan bersahabat ditanggapi oleh pihak desa maupun pihak kecamatan. Nampak komunitas dua arah berjalan baik, sehingga terciptanya usulan yang direncanakan menjadi skala petioritas untuk usulan Musrenbangdes tahun 2020.

“Usulan-usulan dari bawah ini nantinya akan kita bawa ke Musrenbang tingkat kecamatan dan akan diputuskan hasilnya pada Musrenbang kecamatan,” jelasnya.

Dalam Musrenbangdes tersebut, sejumlah unsur masyarakat dan pemerintahan turut serta hadir, di antaranya Sekmat Pasirwangi, Kepala Desa Barusari, LPM, BPD, UPTD Puskesmas, UPTD Pertanian ,Korwil Pendidikan, Kepala Dusun, RT, RW, Kader PKK, Karang Taruna, Pendamping Desa, Bhabinsa, Bhabinkamtibmas, Tokoh Agama, dan Tokoh Masyarakat lainnya.

Danramil Pasirwangi menyatakan, tujuan pelaksanaan Musrenbang ini adalah untuk mempertajam usulan program, dan kegiatan prioritas tahun 2020. Baik kategori belanja langsung maupun belanja tidak langsung, pembangunan infrastruktur, dan lain sebagainya.

“Dalam Musrenbang ini, penyusunan RKPD 2020 diputuskan usulan yang akan disampaikan dalam Musrenbang Kecamatan. Dengan selesainya Musrenbangdes 2019, tahapan selanjutnya adalah membawa usulan-usulan tersebut dalam Musrenbang Kecamatan,” katanya.

Sematara Sekmat Pasirwangi berpesan agar dalam Musrenbangdes kali ini menetapkan hasil dan keputusan RKPDes 2020 yang baik, dan bermanfaat bagi masyarakat desa.

“Tak lupa saya ucapkan terimakasih kepada kepala dusun,RT/RW dan lainya yang telah menghibahkan tanahnya sehingga tanah tersebut nantinya akan digunakan untuk membangun posyandu  di Besa Barusari. Semoga segala amal kebaikannya dibalas oleh Alloh SWT,”pungkasnya. (*)

Penulis : Zenal

Editor   : ER


LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here