PC RMI NU Gelar Seminar Undang-undang Pesantren di Ponpes Al Falah Biru

garutexpress.id- PC RMI NU Kabupaten Garut Menggelar seminar sehari Undang -undang pesantren dan penangkalan faham radikalisme di lembaga. Gelaran seminar tersebut berlangsung di  kompleks Pondok Pesantren Al-Falah Biru, Desa Mekargalih, Kecamatan Tarogong kidul, Kabupaten Garut, Kamis (09/01/2020).

Dalam seminar ini dihadiri 100 an peserta perwakila dari sejumlah pesantren di Garut.  Beberapa ulama dihadirkan sebagai nara sumber, di antaranya KH DR Amin Maulana (Ketua PW RMI NU jabar) KH Abdul Gaaffar Rozini (Ketua PP RMN PBNU), KH Abdul waidl (Panja RUU Ponpes) dan Abdullah Mansur, M.Pd., yang merupakan sekjen DPP PPP.

Dalam seminar tersebut hadir juga sejumah tokoh masyarakat, di antaranya KH Sirojul Munir (Ketua MUI Kabupaten Garut), H. Mahmud  yang mewakili Bupati Kabupaten Garut, serta H. Wahyudijaya (Kepala Kesbangpol Kabupaten Garut).

PARA pengurus PC RMI NU Kabupaten Garut, foto bersama usai gelaran seminar di kompleks Pondok Pesantren Al-Falah Biru, Desa Mekargalih, Kecamatan Tarogong kidul, Kabupaten Garut, Kamis (09/01/2020).***

Menurut Kasful Anwar, S.Pd.I., M.Pd., selaku ketua pelaksana dalam kegiatan tersebut, agenda seminta ini memamang mendapat dukungan penuh dari pemerintah.

“Alhamdulillah,  pemerintah Kabupaten Garut mendukung penuh apa yang telah diamanatkan Undang-Undang Nomor 18 Tahun 2019 tentang Pesantren. Kami mengadakan seminar sehari terkait Undang-undang pesantren nomor 18 tahun 2019 tentang pesantren,” katanya.

Menurutnya, agenda seminar sehari ini juga sebagai bentukl sosialisasi terhadap pengurus pesantren agar tahu isi dari undang-undang pesantren. Diharapkan di dalam diri para pengasuh pondok pesantren NU tertanam rasa saling menghormati.

“Diharapkan, seluruh pengasuh pondok pesantren NU untuk selalu menanamkan saling menghormati, menghargai pada siapapun. Jangan mudah terprovokasi yang menyebabkan perpecah belah dikarenakan perbedaan. Karena PC RMI NU Kabupaten Garut sebagai wadah persatuan Pondok pesantren. Mari kita jadikan RMI NU ini sebagai ajang silaturahmi yang akan bermanfaat dan maslahat bagi umat dan harga mati untuk NKRI,” katanya. (*)

Penulis : Zenal

Editor   : ER


LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here