Berharap Diresmikan Presiden, Bangunan Utama SMKN 1 Garut Disulap Mirip Istana Negara

garutexpress.id – Wajah baru bagunan utama Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 1 Garut tampak sangat eksentrik. Keunikannya, belakangan sempat memancing ragam komentar kekaguman di kalangan netizen.

Foto gedung baru sekolah kejuruan yang terletak di Jalan Otista ini pun mendadak viral di medsos. Pasalnya, sang nakhoda, Dadang Johar Arifin, mengubah tampilan bangunan utamanya menjadi mirip Istana Negara.

Informasi keunikan bangunan SMKN 1 Garut ini, rupanya sampai juga ke telinga Sekretaris Jenderal Presedium Jokowi Suara Hati Rakyat (Juara), Troy Evelon Pomalingo. Karena penasaran, bahkan Troy sengaja menyempatkan datang dari Jakarta untuk sekadar melihat langsung bangunan SMKN 1 Garut yang viral itu.

Troy Evelon Pomalingo-Sekretaris Jenderal Presedium Jokowi Suara Hati Rakyat (JUARA), saat bersama Presiden Jokowi./ foto: ISTIMEWA.***

Troy pun berjanji akan menyampaikan keunikan gedung SMKN 1 Garut kepada Presiden RI, Joko Widodo.

“Pak Presiden kan suka dengan hal-hal yang unik dan menarik. Siapa tahu nanti Pak Presiden berkenan datang langsung melihat bangunan (SMKN 1 Garut) itu,” ungkap Troy didampingi Dewan Penasehat Kadin Garut, Anton Heryanto.

 

Troy sendiri sempat menyatakan kekagumannya, karena bangunan itu mencerminkan nilai-nilai Pancasila. Misalnya, ada empat tiang penyangga pertama sebagai wujud empat pilar kebangsaan. Kemudian, kata Troy, tiang kedua wujud dari UUD 1945, tiang ketiga Bhineka Tunggal Ika, dan tiang keempat Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Uniknya lagi, lanjut Troy, tiang-tiang itu dibuat dari kayu jati yang sudah pasti harganya mahal jika dibandingkan dari bahan bangunan biasa.

“Saya benar-benar kagum. Makanya setelah kembali ke Jakarta akan saya sampaikan langsung ke pak Presiden. Saya yakin pak Presiden bakal kaget, dan boleh jadi kapan-kapan bakal datang ke Garut. Mungkin pada peresmian beroperasinya kereta api Cibatu-Garut,” ungkapnya.

 

Anton Heryanto
Anton Heryanto

Pernyataan Troy diamini Anton Heryanto. Bahkan, salah seorang pendiri Gerakan Garut Nanjung (Gegana) ini berharap, Presiden Jokowi tidak sekadar datang untuk melihat keunikan gedung salah satu sekolah favorit di Kabupaten Garut tersebut.

“Sebagai warga Garut, saya berharap, Pak Presiden tidak sekadar berkunjung. Tapi juga sekaligus meresmikannya. Momentumnya, bisa bersamaan dengan peresmian gedung Stasiun KA Garut,” harap Anton.

Anton sendiri menilai, perubahan arsitektur bangunan SMKN 1 Garut selaras dengan program Kemendikbud untuk mewujudkan Sekolah Menyenangkan dan Sekolah Berwawasan Lingkungan.

“Ke depan, saya kira keunikan gedung ini bisa juga dimasukkan ke dalam program wisata edukasi di Kabupaten Garut,” pungkas Anton.  (*)

Penulis : Tim GE

Editor  : ER


LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here