Manfaatkan Lahan Pekarangan, DKP Garut Salurkan Bibit Sayuran ke Masyarakat

Garutexpress.id – Lahan pekarangan bisa menjadi alternatif bercocok tanam untuk memenuhi kebutuhan keluarga. Saat ini Dinas Ketahanan Pangan (DKP) Garut terus berupaya memanfaatkan lahan pekarangan agar konsumsi sayuran di masyarakat terus meningkat.

Melalui program obor pangan lestari (Opal), Rabu (29/1/2020), DKP Garut mendistribusikan 200 lebih jenis sayuran kepada masyarakat Perum Buana Putra, Desa Sindanglaya, Kecamatan Karangpawitan, Garut, Jawa Barat.

Kabid Konsumsi dan Penganekaragaman Pangan DKP Garut, Hj. Yani Yuliani, Sp. Mp, mengatakan program Opal ini salahsatunya mengoptimalkan fungsi pekarangan untuk lahan bercocoktanam sayuran.

“Tadi kita salurkan 200 lebih berbagai jenis sayuran kepada warga Perum Buana Putra di Karangpawitan. Harapannya, konsumsi sayuran di masyarakat bisa meningkat,” kata dia usai menyerahkan bantuan bibit kepada warga.

Menurut Yani yang didampingi Kasie Promosi Penganekaragaman Pangan, Miming Pajar,Sp, penyaluran bibit sayuran tidak hanya di Karangpawitan namun dilakukan di kecamatan lainnya.

“Selain di Karangpawitan kita telah mendistribusikan bantuan bibit di Kecamatan Cibatu, Cilawu, Tarogong Kidul dan Tarogong Kaler,” ungkapnya.

Related Post

Ia berharap program Opal ini bisa dirasakan manfaatnya oleh masyarakat. Sehingga hasilnya bisa dikonsumsi untuk kebutuhan sehari-hari.

Sementara itu, Ketua RT Perum Buana Putra, Hayat, mengatakan, bantuan dari DKP akan dioptimalkan untuk kebutuhan konsumsi sayuran warganya.

Menurut hematnya, distribusi bibit sayuran datang di waktu yang tepat. Pasalnya, di awal musim penghujan seperti bibit sayuran sangat cocok untuk ditanam.

“Di sini kan agak sulit air kalau musim kemarau. Jadi kalau musim hujan seperti sekarang sangat cocok,” kata dia.

Hayat mengaku sebanyak 221 jenis bibit sayuran telah diterimanya. Adapun jenis sayurannya berupa, kangkung, pakcoy, waluh, paria dan sosin. (*)

Penulis: Mahesa
Editor: Farhan SN


Juragan Farhan:
Leave a Comment

This website uses cookies.