Karacak Valley, Sensasi Wisata Alam nan Sejuk di Pusat Kota Garut

garutexpress.id- Suasana alam pegunungan nan sejuk dipadu pemandangan alam dengan jejeran pohon pinus menjadikan sensasi wisata alam nan indah di Karacak Valley.

Bekunjung ka kawasan Karacak Valley, kita akan disuguhi pemandangan kawasan pusat kota Garut dari puncak Karacal Valley. Ketika cuaca sedang serah, kita akan disuguhi indahnya detik-detik matahari matahari terbenam.

Tak sampai di situ, di Karacak Valley kita juga disediakan camping ground sehingga kita bisa tinggal menginap dan berlama-lama bercengkaram dengan alam. Pemandangan bertaburannya lampu bak kilauan emas di pusat kota Garut dapat kita saksikan saat siang beranjak malam di puncak Karacak Valley.

Karacak Valley adalah sebuah kawasan wisata alam berupa gunung dan perbukitan di sekitar kawasan Gunung Karacak. Kawasan tersebut secara teritorial masuk ke wilayah Kecamatan Garut kota, tepatnya di Kelurahan Sukanegla, Kecamatan Garut kota, Kabupaten Garut.

Seperti diketahui, kawasan Karacak Valley merupakan area yang dikelola Perhutani kemudian dikelola oleh Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH) Jayamandiri.

Karacak Valley memiliki kawasan yang cukup luas yang banyak ditumbuhi pohon pinus. Pohon pinus menjadi salah satu pohon khas di Karacak Valley.

Untuk Anda pehobi bersepeda, Anda juga bisa melakukan hobi Anda dan mrncoba tantangan fisik di rute dan medan jalan perbukitan yang memicu adrenalin.

Seperti halnya di tempat wisata lain, spot pemandangan untuk berwa foto di Karacak Valley juga akan menambah Anda betah berwisata di Karacak Valley. Indahnya sunset di balik Gunung Papandayan dan Gunung Guntur akan menjadikan kenangan koleksi foto takan terlupakan.

Di Karacak Valley juga menyediakan area camping ground, sehingga anda bisa berlamalama menikmati indah dan sejuknya alam di sini.

SUASANA camping ground di kawasan wisata alam Karacak Valley saat siang beranjak malam.***

Setelah puas berjalan-jalan meng-explore seluruh kawasan Karacak Valley anda bisa beristirahat dan bersantai dengan di tempat temap yang telah didesain khsusus untuk pengunjung.

Ada banyak jalur trecking dikawasan Karacak Valley anda bisa hikking menjelajahi hutan pinus dengan semua misteri didalamnya. Mengenali hal-hal baru di hutan yang tidak dapat anda temukan di tempat tinggal Anda.

Curug Ngebul di Karacak Valley adalah salah satu daya tarik utama. Para pengunjung banyak yang penasaran dengan air terjun yang satu ini. Jika Anda menyempatkan diri melihat Curug Ngebul ini, Anda bisa merasakan segaranya curug dengan bermain air di sekitar Curug Cibadak ini.

Untuk dapat sampai ke Curug ini Anda memrlukan tenaga tambahan karena Anda harus menempuh jarak yang cukup jauh dengan berjalan dengan waktu tempuh sekitar 20 menit.

Ada beberpa fasilitas yang terdapat di Karacak Valley yang bisa digunakan untuk para pengunjung, seperti tolet, kantin/warung makanan, area parkir, dan yang lainnya.

Bagi kaum Muslim tidak usah khawatir, karena di Karacak Valley sudah ada fasilitas mhusola yang cukup besar yang muat hingga 20 orang. Musholanya terbuat dari kayu meyerupai rumah panggung.

‘CURUG NGEBUL’ sebuah air terjun yang menjadi daya tarik indahnya kawasan Karacak Valley.***

Selain mushola, di sini juga terdapat toilet atau WC umum untuk para pengunjung. Lokasinya berdekatan dengan mushola, warung/kantin. Terdapat dua warung di sini, yaitu di dekat tempat pembayaran tiket dan di jalur trecking dekat mushola.

Jika Anda datang pada musim hujan dan kebetulan kehujanan, di tengah jalurĀ  trecking juga ada beberpa saung gazebo untuk berteduh dan berisitirahat.

Letak yang strategis tidak jauh dari pusat kota sangat memungkinkan Anda untuk mengunjungi Karacak Valley jika Anda liburan di Kota Garut. Tak heran, destinasi wisata yang satu ini banyak dikunjungi wisatawan. Saat pertama kali tempat ini dibuka menjadi tempat wisata, pengunjung yang datang 1000 pengunjung.

Soal ticket, masuk ke Karacak Valley terbilang murah, pengunjung hanya dikenakan tiket masuk sebesar Rp. 10.000/Orang dewasa dan Rp. 5.000/Orang anak-anak.

Pengelola Karacak Valley juga menyediakan penyewaan tenda. Satu tenda disewakan seharga Rp 50 ribu per malam. Parkir kendaraan, untuk motor: Rp. 3.000/motor dan mobil: Rp.5.000.(*)

Dari berbagai seumber
Editor : ER


LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here