Jadi Langganan Banjir, Camat Leles Berharap Normalisasi Saluran Air

KONDISI Kawasan jalan raya di Kecamatan Leles, Kabupaten Garut yang terendam banjir setelah diguyur hujan deras, Kamis (16/1/2020)***

garutexpress.id- Kawasan Kecamatan Leles, Kabupaten Garut kembali dilanda banjir. Genangan banjir kali ini dipicu hujan deras yang mengguyur kawasan tersebut sekira pukul 16.00. WIB., Kamis (16/1/2020).

Terpantau, di sejumlah titik kawasan tersebut direndam banjir hingga menutupi seluruh bahu jalan. Tiitik terparah banjir di antaranya di sekitar depan Pabrik Changsin hingga Pasar Leles.

Di halaman Pasar Leles, air mencapai setinggi lutut orang dewasa. Bahkan air juga memasuki rumah warga. Salah seorang warga Kampung Sukasirna, Desa Salam Nunggal, Leles, Toni mengatakan, air datang begitu cepat hingga masuk ke rumah warga.

“Tingginya air mencapai lutut orang dewas. Seperti terlihat di depan Pasar Leles,” ungkapnya.

Sementara itu, Camat Leles, Asep Suhendar menduga, air yang menjadi penyebab banjir merupakan kiriman dari dataran tinggi. “Sumber air memang banyak yang menjadi penyebab banjir ini,” katanya.

Related Post

Asep mengatakan, saluran air yang kurang baik harus segera dinormalisasi untuk mengatasi banjir ini.

“Kami sudah sampaikan dan rekomendasikan untuk dilakukan normalisasi saluran air. Seperti mulai dari Pabrik PT.Changsin sampai POM bensin baik yang ada di kiri dan kanan jalan provinsi,” ucapnya.

Dijelaskannya, ada beberapa titik yang menjadi langganan banjir di kawasan tersebut, di antaranya di sebagian Kampung Pasar Wetan, Cicapar, Desa Leles, Kabupaten Garut.

“Begini, ada sumber air dari Ciburial dan Salam Nunggal, semuanya bermuara pada saluran air yang tepat di bahu jalan provinsi dan kondisinya dangkal dan sempit sehingga tidak kuat menampung air. Jadi harus segera dilakukan normalisasi saluran air,” harapnya. (*)

Penulis : Tim GE
Editor : ER


Juragan Farhan:
Leave a Comment

This website uses cookies.