Harus Dioperasi, Anak Penderita Hidrosefalus Ini Butuh Uluran Tangan

garutexpress.id- Hidrosefalus (hydrocephalus) adalah kondisi penumpukan cairan di dalam otak yang mengakibatkan meningkatnya tekanan pada otak. Arti harfiah dari penyakit ini adalah “air di dalam otak.” Cairan serebrospinal biasanya mengalir melalui ventrikel dan menggenangi otak dan tulang belakang.

Cairan otak diproduksi oleh otak secara terus menerus, dan diserap oleh pembuluh darah. Fungsinya sangat penting, antara lain melindungi otak dari cedera, menjaga tekanan pada otak, dan membuang limbah sisa metabolisme dari otak. Hidrosefalus terjadi ketika produksi dan penyerapan cairan otak tidak seimbang.

Untuk menangani penyakit ini, di antaranya harus dengan operasi. Tujuannya adalah mengembalikan dan menjaga kadar cairan di dalam otak.

Untuk dioperasi tentunya membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Bagi keluarga dari kalangan ekonomi lemah, biaya operasi adalah sesuatu yang berat.

Hal tersebut dirasakan salah satu warga Kampung Lempong Wetan, Desa Karanganyar, Kecamatan Leuwigoong, Kabupaten Garut, Usep Kudus Jaelani dan Santi Sumiati, yang kini dihadapakan pada cobaan yang cukup berat.

Adalah Surya Rahma Dani (3) anak Usep dan Santi, sejak 9 Januari (2020) hanya bisa terbaring lemah di salah satu ruang perawatan RSU dr. Slamet Garut.

Menurut Usep, anaknya kini tengah menunggu dioperasi yang akan dilaksanakan di RS Hasan Sadikin Bandung. Selama perawatan di RSU dr. Slamet Garut, pihak RSU harus mengobati luka di dekat pantat yang cukup dalam, disebabkan selama di rumah anak tersebut jarang digendong.

Usep hanya bisa mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu pengobatan anaknya. Ia berharap, anaknya segera dioperasi dan sembuh.

Sementara itu, Ketua umum Dewan Kebudayaan Kabupaten Garut (DKKG) Irwan Hedrasyah, yang turut menengok anak ini, mengucapkan terima kasih kepada RSU dr.Slamet Garut yang telah memberikan pelayan terbaik yang mulai dari rujukan Puskesmas Karangsari, Desa Karanganyar Kecamatan lewigoong, Kabupaten Garut.

Diharapkannya, segenap lapisan masyarakat dan para dermawan bisa membantu keluarga Usep yang anaknuya yang harus diperasi Hidrosefalus. (*)

Penulis : Tim GE
Editor : ER


LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here