Garut Siaga Bencana, Rumusan Pra Bencana hingga Mitigasi Disiapkan

garutexpress.id- Menyusul dtetapkannya Kabupaten Garut sebagai daerah siaga darurat bencana, Kodim 0611 bersama sejumlah unsur menggelar apel besar siaga bencana. Prosesi apel besar yang dipimpin Dandim 0611 Garut Letkol Inf.Erwin Agung tersebut berlangsung Alun-alun Kabupaten Garut,Rabu (15/1/2020).

Dalam pidato sambutanya, Dandim menegaskan, pihaknya sudah memliki pemetaan strategi dalam upaya penanggulangan bencana di Kabupaten Garut.

“Kami saat ini tengah memulai dan menyusun berbagai langkah antisipasi bencana melalu managemen tahapan kebencanaan. Telah kami rumuskan dari mulai pra bencana,tanggap darurat hingga mitigasi,” ujarnya.

Dikatakannya, pihaknya telah mengevaluasi serangkaian bencana bnesar yang pernah terjadi di Kabupaten Garut. Evaluasi yang telah dilakukan meliputi bencana longsor maupun banjir bandang yang telah menelan korban jiwa belasan orang pada tahun 2016 lalu, hingga peristiwa bencana pada tahun 2018.

“Evaluasi tersebut tentunya akan menentukan daerah mana yang akan menjadi skala prioritas dalam upaya penanganannya,” tandasnya.

Related Post

Disamping itu, menurut Dandim, pihaknya juga sudah melakukan berbagai langkah koordinasi dengan seluruh pemangku kepentingan, baik dengan Pemkab Garut maupun kepolisian.

“Dalam waktu dekat kami akan menggelar apel penanggulangan bencana yang akan melibatkan seluruh kepentingan dan komponen masyarakat.  Termasuk kami sedang menyiapkan posko dan penunjang materil serta SDM,” pungkasnya. (*)

Penulis : Tim GE

Editor   : ER


Juragan Farhan:
Leave a Comment

This website uses cookies.