Enggan Berurusan dengan Hukum, Warga Limbangan Serahkan 2 Ekor Kukang ke BKSDA

garutexpress.id- Tak mau berurusan dengan hukum, warga Kecamatan Limbangan menyerahkan dua ekor kukang ke Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Wilayah V Garut. Kukang tersebut ditangkap warga pada pekan lalu.

Hermansyah, perwakilan warga yang menyerahkan kukang menyebut kukang itu didapatkan warga Desa Cibugel, Kecamatan Limbangan. Awalnya, warga yang menangkap kukang tak berniat menyerahkan ke BKSDA.

“Saya lalu beri tahu ke warga kalau kukang itu hewan dilindungi. Setelah tahu ada dampak hukumnya, warga akhirnya menyerahkan ke saya. Saya wakili warga untuk memberikannya ke BKSDA,” ucap Hermansyah di Kantor BKSDA Garut, Jalan Terusan Pahlawan, Senin (20/1/2020).

Dua ekor kukang itu sempat dua hari dipelihara warga. Setelah diedukasi, warga secara sukarela menyerahkan kukang.

“Induk sama anak yang didapat warga itu. Ada di pohon alpukat katanya,” ujar pria yang berprofesi sebagai pengacara itu.

Ia menambahkan, warga masih belum paham hewan mana saja yang dilindungi oleh undang-undang. Perlu pemahaman lebih lanjut, agar satwa dilindungi tak jadi hewan peliharaan.

“Warga hanya tahu kalau hewan itu bisa dijadikan peliharaan. Makanya perlu ada pemahaman,” katanya.

Kasi KSDA Wilayah V Garut, Dodi Arisandi, mengatakan, dua ekor kukang hasil serahan warga itu akan diperiksa kesehatannya. Jika dinyatakan sehat, kukang tersebut akan segera dilepasliarkan.

“Biasanya kukang yang ditemukan masyarakat itu gigi taringnya dipotong. Kalau dipotong tidak bisa survive di habitat. Maka perlu dikarantina dulu,” katanya. (*)

Penulis : FW

Editor   : ER


LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here