Desa Jayamekar-Pakenjeng Terindikasi Sebagai Desa Rawan Pangan

garutexpress.id- Salah satu desa di kawasan selatan Garut, yakni Desa Jayamekar, Kecamatan Pakenjeng, Kabupaten Garut terindikasi sebagai desa rawan pangan. Bahkan desa tersebut dikabarkan menempati peringkat pertama desa rawan pangan di Kabupaten Garut.

Menanggapi kabar tersebut, anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Garut dari Fraksi PDI Perjuangan, Yudha Puja Turnawan mengaku bakal melakukan berbagai langkah.

“Yang pertama kita bakal meminta klarifikasi kepada Dinas Sosial (Dinsos), serta penguatan data dari Dinsos,” ujarnya, saat djumpai wartawan,  Kamis (16/1/2020).

Menurutnya, data yang ia miliki ada sejumlah desa rawan pangan yang menjadi prioritas, di antaranya Desa Jayamekar Kecamatan Pakenjeng, Desa Girimukti Kecamatan Cikelet, Desa Ciharukuning Kecamatan Cisompet.

“Ketidakadaan faskes (fasilitas kesehatan) yang sangat jauh, juga ketersediaan air bersihnya cukup sulit adalah di antara kendalanya,” katanya.

Dikatakannya, di Desa Jayamekar sendiri hampir tidak ada lahan persawahan karena kebanyakan merupakan lahan perkebunan. Untuk itu pihaknya bakal melakukan identifikasi permasalahannya apa. “Agar supaya Desa Jayamekar ini bisa terlepas dari predikat desa rawan pangan tingkat pertama,” katanya.

Yudha berjanji akan menugaskan anggota DPRD daerah pemilihan tiga untuk mengawal Musrembang (musyawarah perencanaan pembangunan) desa dan kecamatan. Dengan demikian semua  program pemerintah bisa masuk ke Musrembang Kabupaten.

“Anggota dewan dapil ini akan saya tugaskan untuk mengawal program yang sudah disusun agar bisa masuk ke Musrembang Kabupaten,” tukasnya. (*)

Penulis : Tim GE

Editor   : ER


LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here