Data Kemendikbud, 774 Anak di Sucinaraja Garut Putus Sekolah

garutexpress.id- Kabar mengejutkan datang dari Kecamatan Sucinaraja, Kabupaten Garut, Jawa Barat. Berdasarkan data website Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) terdapat 774 anak usia sekolah yang putus sekolah.

“Seandainya data tersebut benar, tentunya harus menjadi perhatian khusus bagi Pemerintah setempat,” kata Camat Sucinaraja, Iwan Trisnadiwan saat membuka Musyawarah Rencana Pembangunan Desa (Musrenbangdes) di aula Desa Sadang dan Desa Sukaratu, Senin (13/1/2020).

Camat berharap semua pihak untuk turun terlibat agar angka putus sekolah dapat dikurangi.

“Ini peringatan untuk kita. Ayo kita akuratkan datanya, jemput anak usia sekolah agar mau belajar,” kata dia.

Iwan mengaku, saat ini Bupati Garut, Rudy Gunawan sedang gencar meningkatkan IPM. Saat ini, IPM Kabupaten Garut terperosok di urutan tiga paling bawah di Jawa Barat.

Korwil Pendidikan Kecamatan Sucinaraja, Yayan Suryana mengaku terkejut dengan informasi adanya 774 anak usia sekolah putus sekolah.

“Jumlahnya cukup banyak sekali. Untuk itu kita akan melakukan kroscek langsung ke masyarakat,” tukasnya.

Menurutnya, saat ini di Kecamatan Sucinaraja terdapat 7 desa. Untuk membuktikan kebenaran kabar tersebut pihaknya akan melakukan kroscek langsung ke masyarakat di 7 desa tersebut.

“Forkopimcam Suniraja akan menerjunkan 17 orang petugas. Dengan cara “dor to dor”, petugas tersebut akan melakukan data ulang sekaligus memastikan keakuratan data dari website Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan itu,” tandasnya. (*)

Penulis : Tim GE
Editor : ER


LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here