Dalam Waktu Dua Hari, Tercatat 6 Kecamatan di Garut Selatan Terdampak Longsor

garutexpress.id- Terhitung sejak Kamis (9/01/2020), tercatat ada enam kecamatan di wilayah Garut Selatan, terjadi longsoran tanah. Di tiga kecamatan, longsor menutupi jalan kabupaten dan desa, sementara di tiga kecamatan lainnya sejumlah rumah warga terancam longsor.

Menurut Kepala Bidang Pencegahan dan Kesiapsiagaan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Garut, Tubagus Sofyan keenam kecamatan yang terdampak longsor meliputi Kecamatan Banjarwangi, Pamulihan, Bungbulang, Cikajang, Cihurip, Singajaya dan Mekarmukti.

“Banjarwangi paling banyak, ada tiga titik longsor yang mengancam 16 rumah warga yang tersebar di tiga desa yaitu Bojong, Tanjungjaya dan Kadongdong,” jelas Tubagus, saat dwawancarai beberapa wartawan, Jumat (10/01/2020).

Dijelaskannya, rata-rata ada satu titik longsor seperti di Kecamatan Pamulihan, longsoran menimpa badan jalan kabupaten di Desa Pakenjeng. Kemudian di Bungbulang longsoran juga menimpa badan jalan kabupaten di Desa Mekarjaya.

“Untuk jalan yang tertimbun longsoran, hari ini sudah bisa dilalui kendaraan, warga dan aparat pemerintah telah membersihkan material longsoran,” jelasnya.

Tubagus menambahkan, di Kecamatan lainnya seperti Cikajang, longsoran menimpa 2 rumah warga di Kampung Cihideung Desa Cipangramatan, pemilik rumah selamat dan telah diungsikan, di Kecamatan Cihurip longsoran terjadi di Kampung Cimanglid Desa Mekarwangi mengancam 3 rumah warga, dan di Kecamatan Mekarmukti ada retakan tanah yang mengancam 3 rumah warga.

Menurut Tubagus, pemerintah daerah bersama aparat pemerintah di daerah yang terdampak longsor, telah berupaya melakukan evakuasi terhadap warga yang rumahnya terancam longsoran. Mereka, ditempatkan sementara di rumah keluarganya.

Related Post

“Laporan terbaru yang masuk ke BPBD, dari Kecamatan Mekarmukti dan Cihurip, sore ini terjadi longsor dan tanah retak,” katanya.

Terpisah, Kapolsek Banjarwangi, Iptu Masrokan yang dihubungi Jumat (10/01/2020) sore mengungkapkan, longsoran yang menutupi jalan kabupaten di Banjarwangi yang jadi akses keluar masuk Kecamatan Banjarwangi, Singajaya dan Peundeuy, Jumat (10/01/2020) sudah bisa dilalui kendaraan.

“Longsoran di Kampung Lawang Angin Desa Tanjungjaya dinihari tadi yang menutupi sebagian jalan, sekarang sudah bisa dilalui kendaraan, sejak tadi pagi kita kerja bakti dengan warga membersihkan longsoran,” jelasnya. (*)

Penulis  :  AMK

Editor    :  ER

 


Juragan Farhan:
Leave a Comment

This website uses cookies.