Cari Keberadaan Ladang Ganja Lain, Aparat Susuri Kawasan Gunung Guntur

garutexpress.id- Lokasi penemuan ladang ganja disebut KSDA Wilayah V Garut berada di kawasan Taman Wisata Alam (TWA) Gunung Guntur. Hari ini, aparat gabungan dari KSDA bersama TNI dan polisi kembali menyusuri kawasan tersebut.

“Hari ini petugas dari kami bersama TNI dan polisi juga susuri lebih dalam ke lokasi. Sebagai antisipasi ada ladang lainnnya,” ujar Kasi KSDA Wilayah V Garut, Dodi Arisandi ditemui di kantornya, Senin (20/1/2020).

Dodi mengatakan, kemungkinan masih ada ladang lain. Pihaknya pun ingin memastikan dengan melakukan penelusuran.

“Terkait pelaku yang menanam itu kewenangan dari Polres untuk penyelidikan. Bisa jadi (penanam ganja) orang sekitar karena tahu lokasi,” katanya.

Diakui Dodi, lokasi tanaman ganja sangat sulit diakses. Masih jarang manusia menjamah lokasi tersebut. Pihaknya akan mengintensifkan patroli untuk memantau kawasan tersebut.

“Luas kawasan TWA itu 250 hektare. Aktivitas wisata akan diaktifkan dan bersama masyarakat menjaga kawasan TWA termasuk dari perburuan. Sebagai antisipasi kejadian serupa terulang juga,” ucapnya.

Sebelumnya, Satnarkoba Polres Garut telah mencabut 30 pohon ganja yang ditanam di Blok Cileungsing Gunung Guntur pada Sabtu (18/1/2020). Puluhan tanaman ganja itu kini sudah disimpan di Mapolres Garut.

Kasatnarkoba Polres Garut, AKP Cepi Hermawan, mengatakan, pihaknya perlu memastikan tanaman tersebut ke Pusblabfor Mabes Polri. Namun dari tes manual yang dilakukan, 70 persen merupakan tanaman ganja.

“Ukuran pohonnya berbeda dari 30 sampai 70 sentimeter. Untuk kepemilikan kami sedang melakukan penyelidikan yang intensif. Jadi belum mengarah siapa pemilik dan yang menanam pohon,” ucapnya. (*)

Penulis : FW

Editor   : ER


LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here