Antisipasi Bencana Alam, Polres Garut Tanam Ribuan Pohon

garutexpress.id- Selama ini kerusakan lingkungan menjadi salah satu penyebab terjadinya bencana alam. Sebagai upaya untuk mengantisipasi bencana alam, jajaran Polres Garut menggelar aksi peduli lingkungan dengan menyebar ribuan pohon. Ribuan pohon tersebut disebar di wilayah kepolisian sektor (polsek)yang arealnya rawan bencana.

“Hal ini (penanaman pohon) perintah Kapolri dalam rangka pelestarian lingkungan hidup,” kata Kasubag Humas Polres Garut Ipda Muslih Hidayat kepada  sejumlah awak media, Ahad (05/01/2020).

Dijelaskannya, program penanaman pohon itu dilakukan tersebar oleh jajaran Polres Garut maupun oleh jajaran polsek di lahan yang rawan terjadi bencana alam seperti longsor maupun banjir.

“Untuk kegiatan sampai tanggal 3 Januari keseluruhan penanaman pohon Polres Garut dan polsek jajaran seluas 223,46 hektare dengan jumlah pohon 34.522 pohon,” katanya.

Ditambahkannya, sejumlah polsek yang sudah melakukan penanaman di antaranya Polsek Tarogong Kidul dan Tarogong Kaler yang menanam pohon di bantaran Sungai Cimanuk dan kaki Gunung Guntur.

Ia menyebutkan, Polsek Tarogong Kidul yang dihadiri Kepala Polres Garut AKBP Dede Yudi Ferdiansah bersama unsur pimpinan daerah lainnya menanam pohon jenis nangka, kopi dan mangga di bantaran Sungai Cimanuk atau di lahan seluas 500 m2.

Related Post

“Penanaman di Polsek Tarogong bertempat di bantaran Sungai Cimanuk, Kampung Cimacan, Desa Haurpanggung, jumlah pohon yang ditanam 500 pohon,” katanya.

Kepala Polsek Tarogong Kaler, Ipda Asep Saepudin menambahkan, jajarannya sudah menanam pohon di lahan seluas 5 hektare kawasan lereng Gunung Guntur, Kecamatan Tarogong Kaler.

Menurutnya, penanaman pohon di Gunung Guntur merupakan langkah tepat karena kawasan tersebut sudah terlihat gundul atau gersang.

“Kita bersama unsur muspika lainnya menanam pohon di lereng gunung dalam rangka antisipasi banjir bandang dan longsor saat musim hujan,” katanya. (*)

Penulis  :  Tim GE

Editor     : ER


Juragan Farhan:
Leave a Comment

This website uses cookies.