90 Persen Tak Beroperasi, Puluhan PTLMH di Garut Dipertanyakan

garutexpress.id- Dari 38 titik Pembangkit Tenaga Listrik Mikro Hidro (PTLMH) di Kabupaten Garut hampir 90 persen tidak beroperasi. Komisaris PT Prakasa Purba yang bergerak di bidang PTLMH Rajab Priyaldi menyebut, dari 38 titik PTLMH ini di antaranya milik Pemerintah Provinsi (Pemrov) Jawa Barat (Jabar), dua milik perusahaan Bukaka grup dan sisanya milik berbagai investor.

“Kami sangat menyayangkan sekaligus mempertanyakan kepada Pemkab Garut dengan tidak berjalannya hampir 90 persen PTLMH yang ada di Garut. Padahal potensi energi  PTLMH tersebut banyak diminati investor untuk menenamkan investasinya di sektor tersebut,” ujar Rajab kepada sejumlah awak media, Selasa (14/1/2020).

Rajab menilai PTLMH tersebut dinilai sangat membantu dalam pasokan energi listrik. Hal tersebut menilik pada hampir 600 ribu KK di Kabupaten Garut masih ada yang belum.menikmati aliran tenaga listrik.

“Khususnya di wilayah Garut selatan masih banyak warga yang belum bisa menikmati listrik sehingga kehadiran PTLMH tersebut cukup membantu pasokan listrik PLN,” katanya.

Sementara itu kendala yang dihadapi Investor yang bergerak di bidang energi PLTMH tersebut di anataranya jaminan keamanan dan harga jual tanah warga yang tinggi.

“Diharapkan kepada pemkab Garut ada jaminan keamanan bagi para investor yang berinvestasi untuk mengeksplor atau mengembangkan potensi SDA (Sumber Daya Alam) di Garut,”pungkasnya. (*)

Penulis : Tim GE

Editor  : ER

 


LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here