Teten Masduki Pulang Kampung, Para Petani di Cisurupan dapat Sertifikat Tanah

Sejumlah petani di kawasan Kecamatan Cisrupan, Kabupaten Garut beramai-ramai menunjukan sertifikat tanah yang diberikan secara langsung oleh Menteri Koperasi dan UKM, Teten Masduki, Senin (23/12/2019)***

garutexpress.id- Para petani di Kecamatan Cisurupan, Garut yang baru mendapat sertifikat tanah dari Kementerian ATR/BPN dan dijanjikan bantuan oleh Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM). Pemberian bantuan dilakukan untuk kesejahteraan petani.

Seperti diketahui, Menteri Koperasi dan UKM, Teten Masduki yang merupakan putra Asgar (Asli Garut) kedatangannya ke Kabupaten Garut ini boleh dibilang pulang kampung. Ia hadir dalam acara penyerahan sertifikat tanah meminta para petani untuk membentuk koperasi. Pihaknya bersinergi dengan Kementerian ATR/BPN untuk membantu para petani.

“Bentuk koperasi nanti saya bantu. Saya yang isi kegiatan produksinya. Pak Menteri ATR sudah bantu sertifikat tanahnya. Sekarang tinggal produksinya,” ujar Teten, Senin (23/12/2019).

Teten meminta kepada para petani untuk menjaga tanahnya. Presiden Joko Widodo juga meminta agar tanah yang dibagikan tak dikumpulkan lagi di orang kaya.

“Soalnya (petani) waktu ditanga banyak ruginya. Makanya harus mulai menanam produk unggulan. Biar UKMnya unggul,” katanya.

Teten berharap agar para petani tak banyak menanam sayuran. Lebih baik, para petani mencoba menanam yang lain seperti pisang dan kopi.

Related Post

“Ini kan lahan konservasi juga. Tadi saya lihat ada yang tanam pisang. Bagus tapi belum bisa diperdagangkan ke pasar global,” ujarnya.

Ia menyarankan, petani menanam pisang yang banyak dicari pasar. Seperti pisang raja bulu, pisang maskirana dari Lumajang, atau pisang barangan.

“Permintaan (produk pisang) dalam negeri tinggi, apalagi ekspor. Nanti coba akan saya ajak pengusaha holtikultura ke Garut,” katanya. (*)

Penulis : FW

Editor   : ER


Juragan Farhan:
Leave a Comment

This website uses cookies.