Pungli di Cipanas Garut, Kadisbudpar: Saya Sudah Antisipasi Sebelumnya

Kepala Disbudpar Kabupaten Garut, Budi Gangan.***

Garutexpress.id – Pungutan liar di Cipanas Garut sebenarnya sudah diantisipasi sejak jauh-jauh hari sebelum musim liburan. Namun segelintir orang masih mencoba memanfaatkan keramaian liburan untuk meraup keuntungan dengan cara Pungli.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disparbud) Garut, Budi Gan Gan, mengaku telah mensosialisasikan kepada para pelaku wisata agar menjaga keamanan dan kenyamanan wisatawan yang berkunjung ke Garut.

“Sebenarnya jauh-jauh hari saya sudah mensosialisasikan kepada para pelaku wisata. Tujuannya agar wisatawan nyaman di Garut,” kata Kadisbudpar, Selasa (24/12/2019).

Menurut Budi, saat informasi ada Pungli di Cipanas, dirinya langsung melapor ke Kapolres agar segera dilakukan penindakan.

“Alhamdulilah pelakunya telah diamankan,” kata dia.

Dia melanjutkan, ada sejumlah objek wisata yang rawan terjadinya Pungli. Terutama di kawasan Garut Selatan.

Namun dirinya mengaku telah mengkondisikan semua pihak di kawasan Garut Selatan agar menjaga kenyamanan dan keamanan wisatawan yang berkunjung.

“Kita sudah sosialisasi di sana. Agar kejadian Pungli dan premanisme di Garut Selatan tidak terjadi lagi tahun ini,” katanya.

Budi mengaku, telah berkoordinasi dengan Polisi agar ada penjagaan di tempat wisata yang dinilai masih rawan.

“Biasanya akan disiagakan Brimob di objek wisata Garut Selatan. Kalau teknis pengamananya biar Polisi yang tentukan,” ungkapnya.

Ia berharap kepada semua pihak pelaku wisata di Garut agar bersama-sama menciptakan kondusivitas di tempat wisata. Selain itu, kesadaran masyarakat dan kepeduliannya dibutuhkan agar wisata di Garut bisa membuat nyaman wisatawan yang datang. (MHI)***


LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here