Pengelola Sekolah Dibuat Repot Mengisi E-Raport

garutexpress.id- Pemberlakuan buku raport secara online (E-Raport) ternyata menuai masalah baru. Alih-alih ingin mempermudah, yang ada malah sebareg permasalahan baru. Bagi pengelola sekolah di daerah tertentu, pemberlakuan E-raport ini cukup merepotkan.

Hal tersebut diungkapkan Evi Sutisna, Kepala SMPN 4 Satap Cibalong, Kabupaten Garut, diberlakukannya e-Raport dirasa cukup menyulitkan. Terlebih sekolah yang dikelolanya tersebut berlokasi di kawasan selatan Garut yang terkadang kesulitan mendapatkan signal seluler.

“Ya, memang pemberlakuan e-Raport ini cukup merepotkan. Khusus di sekolah kami, sosialisasi E-raport belum menyentuh dan belum dipahami oleh semua guru,” ungkapnya, Kamis (19/12/2019).

Menurut Evi, sosialisasi E-raport secara umum memang belum dilaksanakan. Akibatnya, dengan waktu pembagian raport yang mepet membuat pengelola sekolah cukup direpotkan.

“Cukup repot juga mengisi E-raport ini. Karena terdesak oleh waktu yang mepet untuk dibagikan tanggal 21 Desember 2019, juga sekolah kami tidak ada sosialisasi terlebih dahulu tapi langsung praktek mengerjakan E- raport yang kejar tayang sehingga lebih efektif waktu harus dipandu oleh operator sekolah. Kendala yang paling berat adalah di sekolah kami sama sekali tidak ada singnal. Belum lagi di wilayah sini aliran listrik yang sulit diprediksi, sesekali bisa mati,” tuturnya.

Diakuinya, dengan berbagai kendala yang ada, pihaknya terpaksa mengajak beberapa guru untuk mengerjakan E-rapor di rumah salah seorang guru di daerah Garut kota. Diungkapkannya, saat ini tidak sedikit sekolah sekolah besar justru belum mengerjakan E-raport sehingga dengan aplikasi yang sederhana ( aplikasi raport yang dibuat oleh sekolah ).

“Prinsip sekolah kami, lebih baik capek sekaligus daripada kerja dua kali, dengan menggunakan aplikasi E-raport dari Kemdikbud yang sudah resmi. Daripada menggunakan aplikasi yang macam-macam yang ada di tiap sekolah,” katanya. (*)

Penulis : Tim GE
Editor : ER


LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here