Pemuda Garut Wakili Indonesia di “Asean+3 Youth Digital Business 2019”

garutexperess.id- Association of Southeast Asian Nations (ASEAN) merupakan sebuah organisasi geo-politik dan ekonomi dari negara-negara di kawasan Asia Tenggara. Baru-baru ini  bergerak serius untuk pengembangan ekonomi digital, salah satunya diadakannya event Asean+3 Youth Digital Business 2019.

Tahun ini (2019) agenda para pemuda prestatif tersebut diselenggarakan di Kuala Lumpur Malaysia. Sejumlah pemuda pemudi perwakilan dari setiap negara menjadi delegasi dalam kegiatan tersebut. Meskipun levelnya setingkat Asia Tenggara, tetapi ada juga negara undangan lain semisal dari Jepang, Korea dan China.

Yusep Maulana, adalah salah satu pemuda prestatif asal Kabupaten Garut yang berkesempatan menjadi delegasi dari Indonesia. Yusep terpilih berkat prestasinya dalam bidang teknologi.

Kegiatan tersebut bertujuan untuk merumuskan perkembangan ekonomi digital Asean. Setiap delegasi, selain share ilmu digital bisnis dengan pakar dunia, delegasi juga mendapatkan Challenge diharuskan memberikan inovasi atau pemikiran yang hebat untuk kemajuan ekonomi digital Asean. Dari salah satu Challenge tersebut Yusep Maulana menjadi Runner Up  Asean+3 Youth Digital Business 2019.

“Meskipun sudah banyak awards event international yang saya dapatkan sebelumnya, Acara Asean Youth+3 digital Business ini sangat luar biasa.  Selama beberapa hari di ‘inkubasi’ untuk menentukan layak tidaknya para delegasi berada dis ana. Dari segi bahasa, etika, pemikiran, semuanya harus bagus dan jangan sampai malu-maluin negara,”  ungkap pemuda yang masuk nominasi dengan katagori  Top Asean Young Innovator itu. Senin (23/12/2019).

Menurutnya, banyak hasil yang didapatkan dalam ivent tersbut, salah satu point penting adanya kerja sama international untuk perkembangan bisnis digital Asean.

Perlu diketahui, berikut deretanprestasi yang pernah diraih Yusep sebelumnya, di antaranya Anugerah Kihajar Nasional, Winner Mobile Education Kemendikbud, Anugerah Inovasi Jabar, Winner Australia Mobile Education, Winner Singapore Appdev, Wirausaha Muda Berprestasi Jabar, Wirausaha Muda Berprestasi Nasional, Top 50 Author Google Play Book, dan sebagreg prestasi lainnya. (*)

Penulis : Tim GE

Editor   : ER


LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here