Pelantikan Puluhan Kades di Garut Ditunda, Berikut Alasannya

Asep Zaelani-Sekretaris Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Kabupaten Garut.***

garutexpress.id- Sedikitnya ada 38 kepala desa (kades) terpilih hasil pilkades serentak tahun 2019 ditunda pelantikannya. Puluhan kades tersebut sedianya akan dilantik pada prosesi pelantikan masal di lapangan Seta Garut, Senin (2/12/2019).

Tercatat, dari 125 kades terpilih, hanya 87 kades plus 2 kades pergantian antar waktu (PAW) yang resmi dilantik Bupati Garut, Rudy Gunawan. Jika tidak ada kendala, rencananya ke 38 kades tersebut akan menyusul dilantik pada bulan Februari 2020 mendatang.

Menurut Sekretaris pada Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Kabupaten Garut, Asep Zaelani, ditundanya pelantikan ke 38 orang kades terpilih itu bukan karena sengketa, tapi karena alasan cuti dan masih ada masa jabtan tugas sampai Februari 2020.

“Pelantikannya In sya Allah menyusul bulan Februari (2020). Nantinya masa jabatannya juga akan berbeda yang dilantik kemarin (2/12/2019),” ujar Asep saat dutemui wartwan di kantornya, Selasa (3/12/2019).

Asep menyebut, persengketan dalam pilkades serentak (5/10/2019) telah diseleesaikan di kepanitiaan pilkades tingkat desa dan kecamatan. “Jadi tidak sampai maju ke ranah pengadialan tata usaha negara (PTUN),” katanya. (*)

Penulis : Papap

Editor   : ER


LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here