Menikmati Indahnya Panorama Alam Jabar Selatan di Atas Jembatan Cilaki

garutexpress.id- Jembatan Cilaki terbentang sepanjang 275 meter, lebar jembatan 9 meter, lebar jalan 7 meter dan lebar trotoar 2×1 meter. Pondasi abutmen berupa pancang baja dengan diameter 400 mm dengan kedalaman 15 meter.

Jembatan Cilaki meupakan jembatan yang cukup panjang menghubungkan Jawa Barat selatan bagian barat (Cianjur, Sukabumi) yang berada di Kecamatan Cidaun dengan Jawa Barat selatan bagian timur (Garut, Tasikmalaya, Ciamis) yang berada di Kecamatan Caringin.

Lantai berupa beton konvensional K-350 dengan struktur utama rangka baja kelas A menambah kokoh jembatan ini. Biaya total pembangunan berasal dari APBN sebesar Rp. 27 Miliar.

Jembatan Cilaki merupakan jembatan penghubung dua kabupaten di Jawa Barat yaitu Kabupaten Cianjur dan Kabupaten Garut. Jembatan ini membentang di jalur Pantai Selatan Jawa Barat.

Jika kita bepergian dari Cidaun, Kabupaten Cianjur menuju Rancabuaya, Kabupaten Garut atau sebaliknya pasti akan melewati jembatan yang indah ini.

Jalur jalan raya Cidaun-Rancabuaya sepanjang 24 kilometer berkelok-kelok menaiki dan menuruni bukit-bukit. Sepanjang perjalanan, kita akan disuguhi pemandangan panorama keindahan pantai selatan dipadu suara deburan ombak nan eksotis. (ER)***


LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here