KPK RI Lakukan Monev Anti Korupsi di SMPN 1 Garut

garutexpress.id- Baru-baru ini tim Komisi Pemberantasan Korupsi Republik Indonesia (KPK RI) melakukan kunjungan ke SMPN 1 Garut, Selasa (17/12/2019). Kunjungan tersebut dipimpin Kepala Satuan Tugas Pendidikan Dasar Menengah dan Pemerintah Daerah KPK RI Guntur Kusmeiyano. Agenda ini sendiri merupakan bagian dari monitoring dam evaluasi (monev) terkait media pembelajaran anti korupsi.

“Tim KPK mencoba memonitoring dan mengevaluasi implementasi pendidikan anti korupsi di sekolah-sekolah yang telah melaksanakan pendidikan anti korupsi,” ujar Guntur.

Dalam hal ini, KPK RI telah memberikan sembilan nilai anti korupsi yang didalamnya mengandung unsur jujur, peduli, mandiri, disiplin, tanggung jawab, kerja keras, sederhana, berani dan adil.

Nilai yang terkandung itu sama dengan nilai-nilai luhur pancasila dalam membangun karakter bangsa yang saat ini tercantum dalam peraturan presiden terkait dengan penguatan pendidikan karakter.

“Hal ini kita tuangkan dalam monitoring salah satunya terkait dengan ekosistem pendidikan di sekolah itu sendiri dan kita sudah bisa lihat khsusunya di SMPN 1 Garut,” tuturnya.

Dalam monitoring implementasi pendidikan anti korupsi, tim KPK memantau media pembelajaran yang digunakan SMPN 1 Garut dalam menyampaikan materi kepada siswanya.

“Kita akan melihat bagaimana guru, khususnya guru mata pelajaran apakah sudah membuat rancangan pembelajaran sesuai dengan pendidikan anti korupsi. Mata pelajaran PPKN adalah salah satu pendidikan anti korupsi yang masuk dalam rumpun mata pelajaran anti korupsi,” ungkapnya.

Menurut Guntur, Saat ini tercatat sudah ada 5 provinsi dan 97 Kabupaten/ kota, termasuk Kabupaten Garut yang sudah memiliki Perda anti korupsi. Diharapkannya, media lokal bisa menjadi ‘triger’ peembelajaran anti korupsi.

“Media lokal juga bisa menjadi ‘triger’ untuk sekolah-sekolah lain selain SMPN 1 Garut untuk pendidikan anti korupsi,” katanya.(*)

Penulis : Tim GE
Editor : ER


LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here