Gegel Jubleg, Seni Tradisi Ekstrim Berbau Mistis dari Cisewu

garutexpress.id- Kekayaan seni tradisi dan budaya di Kabupaten Garut terbilang banyak dan beragam. Adalah Gegel Jubleg, sebleg, salah satu seni tradisi yang hingga kini masih lestari. Seni yang menyuguhkan atraksi ekstrim ini memang sedikit berbau mistis.

Dalam pementasannya, pemain menunjukan kebolehannya menggit sebuah jubleg (tempat penumbukan) berbahan kayu seberat 25-30 Kilogram.

Seperti diketahui, Gegel Jubleg merupakan kesenian tradisi khas dari Kecamatan Cisewu, Kabupaten Garut, Jawa Barat. Tidak sembarang orang bisa menggigit jubleg yang beratnya puluhan kilogram itu. Apalagi yang bisa melakukannya sembari menari seperti apa yang para pemain Gegel Jubleg lakukan. Hanya orang-orang terlatih yang dapat melakukannya.

“Ya, Gegel Jubleg salah satu kesenian tradisional yang ada di Garut. Memang dalam permainannya itu sangat ekstrem. Bisa menampilkan hal yang diluar nalar,” ungkap sejarawan Garut Drs. Warjita, saat djumpai di kantornya, beberapa waktu lalu.

Kenapa disebut berbau mistis? Karena setiap kali hendak beraksi, para sesepuh pegiat kesenian tersebut biasa melakukan ritual untuk memberi kekuatan pada para pemain. Para pemain itu terdiri dari laki-laki dan perempuan dewasa yang sudah terlatih. “Tidak lepas dari mistis. Tapi para pemain itu melakukan latihan-latihan,” katanya.

Seni ini dipercaya sudah ada sejak zaman kolonial Belanda, konon seni tersebut awalnya dimainkan untuk menakut-nakuti para penjajah yang masuk ke wilayah Cisewu. Dengan memperlihatkan kekuatannya, para penduduk Cisewu kala itu berharap dapat membuat para penjajah ketakutan dan mengusirnya dari wilayah mereka. (*)

Penulis : Useu G Ramdani

Editor  : ER


LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here