Gali Potensi Olahraga, Sejumlah Mahasiswa UNJ Kunjungi Desa Sukasenang

garutexpress.id- Kuliah Kerja Lapangan (KKL) bukanlah hal yang asing lagi bagi mahasiswa. Kegiatan KKL merupakan kegiatan yang memadukan observasi, kunjungan dan wisata mahasiswa ke tempat – tempat, instansi, ataupun lembaga yang berkaitan dengan disiplin ilmu ataupun bidang yang ditekuni mahasiswa di perguruan tinggi.

Baru-baru ini sejumlah mahasiswa dari Fakultas Ilmu Keolahragaan  Universitas Negeri Jakarta (UNJ) mengunjungi Desa Sukasenang, Kecamatan Banyuresmi, Kabupaten Garut. Kunjungan para mahasiswa UNJ ini tak lain untuk melakukan KKL sesuai disiplin ilmnya, yakni ilmu keolahragaan.

Menurut Asya Annisa Afifa, salah seorang perwakilan mahasiswa UNJ, kegiatan yang digelar selama 4 hari (9-12/12/2019) ini merupakan bentuk inplementasi keilmuan dari fakultas yang ditekuninya. KKL para mahasiswa UNJ ini bertajuk “ KKL Pendidikan Jasmani 2019.”

KEPALA Desa Sukasenang, Iwan Ridwan, didampingi mahasiswi UNJ, Asya Annisa Afifa, saat diwawancarai garutexpress.id, di kawasan Bendung Copong, Desa Sukasenang, Kecamatan Banyuresmi, Kabupaten Garut, Rabu (11/12/2019)***

Dalam kegiatannya ini, mereka menggali, meneliti potensi bidang olahraga serta memberikan pembelajaran kepada masyarakat sekitar.

“Ya, ini KKL di Desa Sukasenang ini merupkan program kampus sesuai dengan fakultas kami di UNJ. Kita memilih Desa Sukasenang karena memang memiliki potensi olahrga yang cukup bagus. Banyak sih yang kita pelajari terkait beberapa cabang olahraga di desa ini,” gadis berhijan ini, seraya melempar senyum simpulnya.

Asya mengatakan, ada beberapa cabang olahraga yang ditelitinya di Desa Sukasenang, di antaranya bola voli, bulu tangkis dan yang lainnya. Disamping itu di Desa Sukasenang ada potensi olahraga yang bisa dikembangkan, yakni olahraga air semisal dayung, kano, sky air dan sejenisnya.

“Di Desa Sukasenang kan memiliki Bendung Copong, selain sangat bagus untuk jadi tempat wisata, keberadaan Bendung Copong ini juga sangat potensial untuk kemajuan olahraga air,” katanya.

Terkait kegiatan KKL para mahasiswa UNJ, Kepala Desa Sukasenang, Iwan Ridwan sangat mengapresiasnya. Keberadaan KKL mahasiswa ini diharapkan mampu menggali dan mengangkat potensi di wilayahnya, khususnya bidang olahraga.

“Tentunya, saya mengapresiasi adek-adek mahasiswa dari UNJ yang mengadakan KKL di Desa Sukasenang. Diharapkan, dengan adanya KKL mahasiswa UNJ ini bisa menjadi bahan pembelajaran terkait ilmu olaharaga. Tak lupa saya ucapkan terim kasih banyak kepada para mahasiswa UNJ yang telah mengunjungi dan memberikan peralatan olahraga untuk Desa Sukasenang, semoga ilmu yang telah dipelajari para mahasiswa UNJ ini bermanfaat dan bisa diimplemtasikan di tengah-tengah masyarakat nantinya,” ungkapnya.

Mewakili teman temannya mahasiswa UNJ, Asya Annisa menyampaikan ucapkan termi kasih kepada Kades Suksenang yang telah menyambut KKL UNJ dengan baik. Ia menyebut keramahan Kades Suksenang  Iwan Ridwam membuatnya betah tinggal berlama-lama.

“Khusus untuk Pak Kades Sukasenang, saya mewakili teman-teman dari Fakultas Keolahragaan UNJ ingin menyampaikan banyak-banyak terima kasih. Pak Kadesnya ternyata baik, beliau begitu ramahnya menyambut kedatangan kami. Semoga pak Kades Iwan yang katanya baru saja dilantik sebagai Kepala Desa Sukasenang untuk periode kedua   ini lebih sukses lagi dalam membangun desanya, dan sehat selalu,” pungkasnya. (ER)***

 


LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here