Desa Sukamulya Raih Penghargaan Sebagai Desa Sadar Hukum

Garutexpress.id – Desa Sukamulya menjadi satu-satunya desa di Kabupaten Garut yang meraih penghargaan sebagai Desa Sadar Hukum.

Kepala Desa Sukamulya, Jono, Mengatakan pencapaian yang diraih desanya merupakan hasil kerjasaam seluruh lembaga dan masyarakat desa. Diakui Jono, pihaknya telah menempuh segala cara untuk menaikan indeks kesadaran hukum bagi masyarakat.

“Ada berbagai kegiatan yang kita pokuskan pada sektor peningkatan wawasan hukum. Itu kita laksanakan dibawah binaan aparat penegak hukum maupun unsur pimpinan ditingkat kecamatan. Hasilnya patut kita syukuri akhirnya diapresiasi Gubernur dan Kemenkumham tahun ini,” ungkap Jono.

Menurutnya seluruh elemen desa dan unsur pendidikan telah memberikan andil besar atas predikat desa sadar hukum tahun ini. Semua pihak telah melakukan instrumen peningkatan sadar hukum yang digalakan pihak Pemdes, Biro Hukum Setda Garut, Babinsa serta Bhabinkamtibmas Polsek Wanaraja.

“Karenanya, atas nama kepala desa saya berikan apresiasi setingi-tinginya kepada seluruh masyarakat dan unsur yang telah memberi peran besar. Terima kasih, ini menjadi modal dasar pembanguna sumber daya manusia menuju Desa Sukamulya yang tentram dan taat hukum,” tambahnya.

Kepala Biro Hukum dan HAM, Eni Rohyani, merilis, ada sebanyak 20 desa dan kelurahan lainya di Jawa Barat yang akan menerima penghargaan serupa.

Melalui surat resmi, Pemprov mengundang petinggi daerah mulai dari Bupati, Camat serta Kepala Desa yang telah menerima surat undangan peraih Anugrah Anubhawa Sasana untuk hadir di Gedung Sate.

Penghargaan tersebut akan diberikan langsung oleh Kementrian Hukum dan HAM dan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil pada Rabu 4 Desember mendatang.

Penulis : Doni Melody
Editor : Sidqi Al Ghifari


LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here