Cegah Pertikaian Antar Pemuda, Taman Baca Malangbong Gelar Dialog Kepemudaan

Garutexpress.id – Taman Baca Malangbong gelar dialog kepemudaan dan silaturahmi dengan tema “Pemuda Hari Ini Adalah Penentu Wajah Masa Depan Bangsa,” dialog tersebut melibatkan tokoh masyarakat dan organisasi seperti, XTC, Brigez dan lainnya. Malangbong, Sabtu (30/11).

Ketua TB Malangbong, Jajay Jaenudy,S.Hum mengatakan dilaksanakannya dialog tersebut berangkat dari fenomena sosial di Malangbong yang semakin hari semakin maraknya komunitas-komunitas atau organisasi baru.

“Dikhawatirkan semakin munculnya keorganisasian kepada pemuda, memiliki potensi gesekan-gesekan dari ragamnya perbedaan tersebut yang nantinya mengarah kepada konflik,” Kata Jay saat di wawancarai GE, Minggu (02/11)

“Maka dari itu kami berusaha menyadarkan kembali bahwa peran pemuda dalam suatu bangsa secara umumnya sangat berarti, kita buktikan dengan beberapa rentetan sejarah perjuangan bangsa yang itu tidak lepas dari peran serta pemuda atau generasi muda, dari mulai pra kemerdekaan kemudian masa kemerdekaan hingga pasca kemerdekaan,” Tutur Jay.

Jay Menuturkan meskipun generasi muda sangat berarti, tidak menutup kemungkinan generasi mudalah yang justru meruntuhkan bangsa dengan maraknya prilaku saling mencaci, saling bertikai, mudah terprovokasi, mudah di adu domba. Maka dari itu, di sini kiprah generasi mudalah yang sangat menentukan, akan di isi dengan apa masa-masa pencariannya.

Dalam dialog tersebut dibahas beberapa poin penting bagi generasi pemuda salah satunya adalah sektor pendidikan, yang mana sangat berperan dalam membangun suatu peradaban.

“itu bukan hanya pendidikan formal saja atau katakanlah pendidikan yang berasal dari lembaga sekolah. Karena untuk mencari ilmu tidak harus berada di ruang yang dilapisi dinding sekolah,” Kata Jay.

Dialog tersebut juga membahas soal pentingnya literasi bagi pemuda dan masyarakat, literasi menurutnya mampu membentuk tatanan masyarakat yang berkualiatas.

“Yang diharapkan nantinya dengan budaya literasi ini, bisa membangun kualitas SDM, sehingga indonesia lebih baik lagi kedepannya,” Tutup Jay.

Penulis : Sidqi Al Ghifari


LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here