Belasan Ribu Pelamar CPNS Garut Dinyatakan Lolos Verifikasi

ilustrasi.net

garutexpress.id- Sedikitnya ada 18 ribuan pelamar Calon Pegawai Negri Sipil (CPNS) asal Garut dinyatakanlolos verifikasi tahap pertama. Verifikasi ini dilakukan secara maraton oleh Badan Kepegawaian dan Dilat (BKD) Kabupaten Garut.

Menurut Wakil Bupati Garut, Helmi Budiman mengatakan bahwa dari 21 ribuan pelamar yang masuk, hanya 18 ribuan yang lolos verifikasi.

“Hanya 18 ribuan yang lolos verifikasi administrasi melalui BKD,” katanya usai melakukan apel gabungan di Lapangan Setda Garut, Senin (16/12/2019).

Nantinya yang bakal diterima oleh Pemda Garut hanya 838 orang dari 18 ribuan yang lolos verifikasi.

“Nanti ada masa sanggah, silahkan bagi yang berkeberatan dengan verifikasi adminstrasi kami,” ucapnya.

Diejlaskannya, dengan kouta 838 yang diberikan belum ideal untuk Garut. Dari kebutuhan yang cukup banyak yang dibutuhkan oleh Pemda Garut. Hanya saja pihaknya akan menerima dengan kouta yang diberikan oleh Pemerintah Pusat.

Menurutnya, saat ini lebih banyak Pegawai Negri Sipil (PNS) yang pensiun ketimbang PNS yang baru masuk. Hal ini kata Helmi bisa dilihat untuk PNS guru saja setiap tahunya ada lebih kurang 400 orang yang pensiun. Sementara dengan moratorium yang diberlakukan Garut belum mendapatkan PNS yang baru.

“Justru lebih banyak yang pensiun dari pada yang masuk (menjadi PNS baru),” kata Helmi usai melakukan apel gabungan, Senin (16/12/2019).

Mesti sudah mendapatkan formasi PPPK atau Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja. Namun formasi itu belum juga disahkan sampai hari ini. “Kita sudah ada 1200 an untuk P3K, tapi sampai saat ini belum ada kelanjutanya,” katanya.

Dengan banyaknya PNS yang pensiun memang menjadi kendala terutama bagi sekolah yang hanya memgandalkan pegawai honorer.

Kabupaten Garut mendapatkan formasi CPNS dari Kemenpan-RB sebanyak 838 orang formasi. Dari formasi tersebut hanya untuk kouta tenaga pendidik dan tenaga kesehatan. (*)

Penulis : Tim GE

Editor   : ER


LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here