Bawaslu-Mahasiswa Bangun Kesepahaman Pengawasan Partisipatif

garutexpress.id-  Puluhan mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi di Kabupaten Garut mengikuti acara refleksi dan evaluasi pengawasan pemilu. Acara tersebut diselenggarakan oleh Badan pengawas pemilu (BAWASLU) Kabupaten Garut, di Hotel Santika, Jalan Cipanas Baru, Kabupaten Garut, Minggu (22/12/2019).

Koordinator divisi Sumber Daya Manusia (Kordiv SDM) dan Organisasi Bawaslu Garut Asep Burhan mengatakan, kegiatan ini sesuai dengan amanat undang-undang No.7 tahun 2017 pasal 448 yang menitikberatkan mengenai pengawasan partisipatif yang melibatkan elemen masyarakat termasuk mahasiswa.

“Tujuannya adalah membangun kesepemahaman sekaligus menyamakan persepsi tentang pengawasan partisipatif dalam pemilu. Selain mahasiswa, kegiatan serupa juga dilakukan bersama santri serta pemuda lintas agama,” ujar Asep Burhan.

Asep menambahkan, para mahasiswa ini merupakan unsur masyarakat yang mempunyai kesempatan atau jenjang lebih tinggi dibanding yang lain. Mereka (mahasiswa) disebut kader masa depan bangsa.

“Materi tentang pengawasan partisipatif sangat berguna bagi masyarakat luas dan tentunya untuk diri sendiri. Oleh karena itu, para mahasiswa ini diharapkan bisa menjadi media untuk menyampaikan kepada masyarakat luas akan pentingnya peran masyarakat tersebut dalam hal pengawasan,” katanya.

Sementara itu, Anisa K. Waluya, salah seorang peserta kegiatan tersebut mengaku sangat senang bisa mengikuti kegiatan yang digagas Bawslu Garut tersebut. Sebagai mahasiswa hukum, dirinya siap mensosialisasikan kepada masyarakat luas mengenai pengawasan dalam kepemiluan ini.

“Salah satu bentuk partisipasi saya, pada pemilu legislatif dan presiden 2019.  Saya juga bergabung menjadi petugas KPPS” ungkapnya.

Sebagai penerus masa depan, Anisa dan semua rekan mahasiswa bertekad akan lebih aktif dalam kegiatan kepemiluan di Indonesia. (*)

Penulis : Useu G Ramdani

Editor   : ER


LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here