Serunya Lomba Senam Cuci Tangan Menyambut HKN ke 55 di Selaawi

garutexpress.id- Dalam rangka menyambut Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-55, Puskesmas Selaawi mengadakan berbagai kegiatan. Beragam kegiatan yang mewarnai HKN ini di antaranya senam germas masal, makan buah bersama, lomba pemberian makanan tambahan bagi balita dan yang paling menarik adalah lomba senam cuci tangan.

Kepala Puskesmas Selaawi Hj. Lia Maulidyawati, SST M. Kes., mengatakan, selain dalam rangka menyambut HKN ke-55, agenda tersebut juga bagian dari rangkaian penyambutan ‘milangkala’ atau hari jadi Kecamatan Selaawi ke-36.

“Sebelumnya juga sempat digelar dua lomba, yaitu lomba kader pintar dan lomba penyuluhan kader tentang stunting.  Alhamdulillah, untuk peserta lomba penyuluhan kader tentang stunting bisa melangkah ke tingkat Kabupaten dan meraih juara ke-2,” tutur Hj. Lia disela-sela kegiatan yang digelar di Alun-alun Kecamatan Selaawi, Kabupaten Garut, Selasa (12/11/2019).

Menurutnya, khusus untuk lomba senam cuci tangan, diikuti oleh 14 peserta yang berasal dari tujuh desa. Gerakan-gerakan dalam senam cuci tangan ini memperlihatkan bagaimana cara mencuci tangan memakai sabun dengan benar.

“Disamping gerakan cara mencuci tangan, para pesertapun mengkolaborasikannya dengan gerakan improvisasi masing-masing regu. Karena gerakanya meliuk-liuk seperti tari ular saat memperagakan senam cuci tangan,” ungkapnya.

Usai kegiatan, akhirnya regu senam perwakilan dari Desa Pelita Asih tampil sebagai juara dan dinamai regu senam nagin. Tetapi ada juga yang menyebut dengan nama regu senam ular. Dalam kegiatan Muspika Selaawi yang dipimpin Camat Selaawi Ridan Effendi turut serta mengikuti berbagai rangkaian acara.

Salah seorang peserta lomba senam cuci tangan asal Desa Cirapuhan, Lilis, tampak bersemangat mengikuti perlombaan. Walaupun regu senamnya kalah oleh regu senam ular dari Desa Pelitaasih, ia bersama rekan yang lainnya tidak merasa keccawa sedikitpun.

“Masalah kalah menang bukan hal yang paling utama. Ikut memeriahkan Hari Kesehatan Naional dengan ikut lomba senam hingga berkeringat saja kita sudah senang,” ungkapnya. (*)

Penulis : Useu G Ramdani

Editor   : ER

 


Berita Lainnya :

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here