Resmi Dilantik, IGORA Garut Siap Bersinergis dengan Berbagai Pihak

garutexpress.id- Kepengurusan Ikatan Guru Olahraga (Igora) Kabupaten Garut Periode 2019-2023 resi dilantik. Pelantikan ketua beserta kepengerusan Igora Garut dipimpin langsung Drs.H. Jaka Supriatna, M.Pd., selaku Ketua Igora Provinsi Jawa Barat. Prosesi pelantikan berlangsung di Aula Kampus Universitas Garut, Sabtu (2/11/2019).

Dalam sambutannya, H. Jaka Supriatna selaku Ketua Igora Provinsi Jawa Barat menyampaikan amanatnya. Sebagai organisasi khusus para guru olahraga, Igora harus senantiasa memegang prinsip seperti pada filosofi Igora, yakni  “Akar-Akur-Ukur-Ukir.”

“Filisofi ini sangat penting bagi tumbuh kembangnya organisasi (Igora) ini. Dlam menjalankan organisasi, Igor diharapkan senantiasa memegang prinsip pada filosofi tersebut. Mengakar dengan berbagai elemen masyarakt, akur bersinegis dengan berbagai pihak, dengan terukur sehingga bisa mengukir prestasi yang bemanfaat bagi masyarakat. Dan Igora ini juga diharapkan bisa menjadi wadah para guru olahraga untuk bersinergis dengan semua pihak, khususnya pemerintahan setempat,” ungkapnya.

Ditambahkannya, sebagai agenda terdekat, Igora akan menggelar Jambore untuk mewujudkan bidang olahraga prestatif. Dalam jambore nanti, Kabupaten Garut mendapat kehormatan ditunjuk sebagai tuan tumah.

“Dlam waktu dekat (Desemeber 2019) kita akan menggelar Jambore Igora. Dan Kabupaten Garut dtunjuk sebagai tuan rumah dalam penyelenggaraan nanti. Selamat untuk kepengurusan Igora Garut yang baru ini, semoga sukses selalu,” tandasnya.

Sementara itu, Ketua KONI Kabupaten Garut, Dr. Ir. H. Abdusy Syakur Amin, M.Eng.,  mengapresiasi dengan dlantiknya kepengurusan Igora Garut yang baru. Ia berharap Igora Garut akan menjadi mitra KONI untuk menjaring talenta-talenta atlit berbakat mulai dari sekolah. Menurut Syakur, olahraga tidak hanya soal fisik, namun dengan olahraga yang baik bisa membentuk sebuah team work yang kuat.

“Saya apresiasi dan mendukung penuh dengan kepengurusan Igora Kabuparten Garut yang baru dilantik ini. Semoga bisa menjalin sinegitas dengan kami (KONI) sehingga bisa mencetak atlit atlit berbakat dan berkualitas. Disamping itu, saya sebagai rektor di sini (Uniga) juga mengajak saudara-saudara para guru olahraga untuk mendidik para siswanya sehingga bisa berprestasi. Uniga juga menyediakan beasiswa untuk siswa yang berprestasi dalam bidang olahraga,” katanya.

Hal senada disampaikan Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Kadispora) Kabupaten Garut, Kuswendi. Pihakanya berjanji menjalin sinergitas dengan Igora Kabupaten Garut, karena memang olahraga menjadi domain tugas kerja Dispora yang merepresentasikan pemerintah (Kabupaten Garut).

“Insya Allah, Igora akan menjadi mitra Dispora yang merefresentasikan pemerintah Kabupaten Garut. Para guru olahraga diharapkan senantiasa berkoordinasi dengan kami (Dispora) dalam menjalankan organisasinya,” tutur, Kadispora kepada garutexpress.id, usai menghadiri acara pelantikan.

Kadispora Garut menambahkan, untuk menunjang sektor olahraga di Kabupaten Garut, saat ini pihaknya telah membangun sedikitnya 365 lapangan olahraga, yang meliputi lapagan bola voli, basket dan yang lainnya.

“Saat ini, kita (Dispora) Garut telah membangun 365 lapangan untuk beberapa cabor. Di antaranya bola voli, baset dan yang lainnya. Kita (Dispora) menargetkan pada tahun 2020 bisa membangun minimal 1 lapangan bola voli di tiap desa,” ujarnya.

Dalam prosesi pelantikan tersebut, Hj. Siti Mufattahah, yang merupakan anggota DPR RI dari Fraksi Partai Demokrat turut memberikan dukungannya. Ia berjanji  akan memperjuangkan berbagai aspirasi masyarakat, khususnya para guru olahraga.

“Tentunya, saya akan berupaya memperjuangkan berbagai aspirasi, khusus para guru olaharaga. Di DPR RI kita juga bemitra dengan Kementrian Keuangan. Jadi jangan ada alasan tidak ada dana untuk kegiatan olahraga. Yang penting Igora terus berkoordinasi dengan eksekutif maupun legislatif. Bidang olahraga juga sudah jadi salah satu bidang kerja saya di DPR RI,” katanya.

Ketua Umum Igora Kabupaten Garut yang baru dilantik, Ridwan Ruswanda,S.Pd, M., MPd berharap, dengan terbentuknya Igora ini semua guru olahraga dari berbagai tingkatan jangan ada lagi sekat. Semua guru olahraga harus bersatu-padu membangun olahraga yang maju dan berprestasi.

“Dengan Igora, saya harap semua guru olahraga bersatu-padu bersinergis membangun dunia olahraga yang maju dan berpretasi. Tak ada lagi sekat, apakah itu guru olahraga SD, SMP atau SMA, semua sama. Berjuang bersama memajukan olahraga dan mencetak prestasi mulai dari sekolah masing-masing. Dalam kesempatan ini juga saya ingin sampaikan, khususnya kepada ibu Hj Siti Mufatattah, untuk diusahakan dibangunkan kantor sekretariat  Igora. Karena hingga saat ini memang (Igora Garut) belum punya sekretriat,” harapnya.

Berikut Susunan Pengurus Ikatan Guru Olahraga (IGORA) Kabupaten Garut Periode 2019-2023 :

 

 

Penulis : Kang Cep

 


Berita Lainnya :

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here