Permudah Akses Data-Sengketa Pemilu, Bawaslu Luncurkan Aplikasi SIPS

garutexpress.id- Setelah diluncurkan tahun 2018 lalu, Sistem Informasi Penyelesaian Sengketa (SIPS) pemilu masih dalam perbaikan oleh badan pengawas pemilu (Bawaslu) seluruh Indonesia. Keberadaan aplikasi berbasis online ini diharapkan akan mempermudah masyarakat mengakses data serta penyelesaian sengketa pemilihan umum.

Menurut Koordinator divisi (Kordiv) penyelesaian sengketa Bawaslu Jabar, Yulianto SH., aplikasi SIPS dalam waktu dekat ini akan diuji coba di beberapa pilkada serentak di Jawa barat.

“Di Jabar akan diuji coba pada Pilkada serentak, tepatnya di Tasik,” kata Yulianto, di hadapan sejumlah awak media, usai acara penutupan Media Gathering di Aula Hotel Kampung Sampireun, Kecamtan Samarang, Kabupaten Garut, Minggu (24/11/2019).

Yulianto menambahkan, Kabupaten Tasik dipilih sebagai daerah uji coba karena masih ditemukan sejumlah spot yang signalnya jelek.

“Geografi di Tasik cukup menyulitkan. Jadi kalau di Tasik bagus, Insya Allah di daerah lain akan lancar,” kata dia.

Dijelaskannya, aplikasi (SIPSi ini bisa diakses melalui PC (Pesonal Computer) atau perangkat smart phone. Warga yang ingin mengetahui ataupun hendak melaporkan sengketa pemilu tinggal meng-klik sips.bawaslu.go.id.

“Jadi, sekarang siapa saja bisa melaporkan sengketa Pemilu tanpa harus datang ke kantor Panwaslu,” tandasnya.

Diharapkannya, semua masyarakat bisa berperan aktif dalam pengawasan (pemilu). Karena dengan adanya layanan Bawaslu berbasis online ini, saluran pelaporannya akan lebih mudah dan cepat. (*)

Penulis : Useu G Ramdani
Editor : ER


LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here