Pemkab Garut Programkan 27 Ribu Naker Terserap di Tahun 2024

garutexpress.id- Pemerintah Kabupaten Garut, memiliki renstra atau program rencana lima tahun ke depan. Pada 2024 ditargetkan mampu menyerap 27 ribu tenaga kerja (naker) di Kabupaten Garut.

“Kami memiliki renstra untuk lima tahun ke depan untuk menyerap tenaga kerja sebanyak 27 ribuan,” ujar Kepala Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kabupaten Garut, Tedi, Minggu (24/11/2019).

Dikatakannya, Pemkab Garut terus berupaya meminimalisasi angka pengangguran di Garut yang selama ini berdasarkan data pemohon pembuatan kartu kuning mencapai 23 ribuan pencari kerja pada tahun 2018.

Selama ini, lanjut dia, lapangan kerja di Garut belum mampu menyerap semua para pencari kerja, apalagi jumlah lulusan sekolah lebih banyak daripada jumlah kebutuhan kerja di perusahaan yang ada di Garut. “Mudah-mudahan ke depan bisa mengurangi angka pengangguran,” katanya.

Ia menambahkan, Kabupaten Garut selama ini terbuka bagi investor untuk membuka usaha sehingga bisa menyerap tenaga kerja baru. “Peluang kerja di Garut saya kira akan terus berkembang,” katanya.

Sekretaris Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Garut, Agus Ismail menambahkan, Kabupaten Garut menargetkan pada 2024 angka pengangguran berkurang dari 9,27 persen menjadi 6 persen.

Ia berharap, perluasan lapangan kerja dan menarik investor ke Garut serta menyiapkan sumber daya manusia agar memiliki kemampuan dan keterampilan akan mampu mengurangi angka pengangguran.

“Menyiapkan kualitas SDM dan penarikan investor akan memperlebar ruang kesempatan lapangan kerja di Garut,” katanya. (*)

Penulis  : Tim GE

Editor    : ER


LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here