“Ngabreg,” Sebuah Tradisi Tangkap Ikan Ramai-ramai Usai Pilkades

Keseruan acara 'ngabreg' di Kampung Cikarokrok, Desa Sukasenang, Kecamatan Banyuresmi, Kabupaten Garut, Sabtu (9/11/2019)***

garutexpress.id- Menangkap ikan beramai-ramai, sebagian masyarakat di Tatar Sunda menyebutnya ‘ngabreg” adalah  sebuah tradisi pesta rakyat usai gelaran pemilihan kepala desa (pilkades).  Entah sejak kapan tradisi ini berlangsung.

Yang jelas, tradisi ini telah melegenda menjadi keseruan tersendiri bagi masyarakat sebagai ekspresi kegembiraan atas kemenangan jagoannya dalam kontestasi politik di tataran pemerintah pedesaan.

Dalam penyelenggaraan Pilkades Serentak pada 5 November 2019 lalu, ratusan kades baru di Kabupaten Garut telah diplih warganya melalui proses pemilihan secara langsung. Di beberapa desa, di antaranya masih memelihara tradisi ‘ngabreg’ sebagai ekspresi sukacita menyambut pemimpin mereka yang baru terpilih.

Desa Sukasenang, Kecamatan Banyuresmi, Kabupaten Garut adalah salah satu desa yang kini telah sah memiliki pemimpin untuk periode berikutnya. Warga Sukasenang sendiri kembali mempercayakan kepemimpinan Desa Sukasenang kepada Iwan Ridwan, calon kades incumbent yang berhasil menang telak atas empat pesaingnya dalam gelaran Pilkades Serentak 2019.

Tradisi ‘ngabreg’ hingga saat ini masih terpelihara di Desa Sukasenang sebagai wujud syukur dan sukacita atas kemenangan pemimpin dambaannya. Tak hanya kades terpilih, mulai dari tim skuses, simpatisan hingga masyarakat kompak memberikan dukungannya untuk kemeriahan pesta rakyat ini.

“Ngabreg, memang telah menjadi tradisi warga di sini (Sukasenang). Ini sebagai ekspresi rasa syukur kami, pemilihan kades telah berlangsung aman, tertib dan demokratis. Selain itu, kebetulan pada tanggal 10 November (besok) kan hari Pahlawan, sekaligus acara ‘ngabreg’ ini juga untuk memeriahkan hari pahlwan,” tutur Iwan Ridwan, disela-sela acara ‘ngabreg’ di Kampung Cikarokrok, Desa Sukasenang, Kecamatan Banyuresmi, Kabupaten Garut, Sabtu (9/11/2019).

Iwan mengatakan, untuk memeriahkan acara ‘ngabreg’ ini disedikan dua kola ikan yang cukup besar. Dua kolam ikan yang berisi beberapa kuintal aneka jenis ikan itu berada di dua Kampung berbeda, yakni Kampung Cikarokrok dan Tegal Kalapa.

Saat acara dibuka secara resmi oleh kades terpilih, ratusan warga dari berbagai usia yang sebelumnya telah bersiap-siap di pinggir kolam, beramai-ramai menceburkan diri ke dalam kolam. Kemeriahan, kehebohan, gelak tawa bercampur mewarnai kemeriahan tradisi ‘ngabreg’ ini.

Dengan bermandikan lumpur, warga tampak penuh kegembiraan. Sesekali, suara jeritan emak-emak menambah keseruan saat ada warga yang berhasil menangkap ikan berukuran besar.

Keseruan menangkap ikan ini diungkapkan Eneng Hadianti, salah seorang warga setempat yang juga simpatisan kades terpilih.

“Wah, pokonya seru. Saya sengaja ikut ‘ngabreg’ sebagai wujud rasa syukur atas terpilihnya kembali A Iwan sebagai Kades Sukasenang. Mudah-mudahan ya, A Iwan bisa mengemban amanah dan kembali membangun Desa Sukasenang lebih baik lagi,” ujar Eneng, dengan pakaiannya yang tampak masih berlumur lumpur. (*)

Penulis : Kang Cep


LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here