Minimalisir Kecelakaan, Polres Garut Bangun Bronjong di Tanjakan Panganten

garutexpress.id- Tanjakan Panganten di kawasan selatan Garut, dikenal sebagai tanjakan maut yang kerap merenggut korban jiwa. Tanjakan dengan ditungan tajam ini berada di bertulan Kampung Cisandaan, Desa Halimun, Kecamatan Pamulihan.

Nama Tanjakan Panganten sendiri sebetulnya disematkan oleh warga sekitar karena karena di lokasi tersebut kerap terjadi kecelakaan. Anehnya, kecelakaan sering kali melibatkan rombongan pengantin yang hendak melangsungkan pernikahan di kawasan Bungbulang.

Kondisi Tanjakan Panganten sendiri bisa dikatakan memang cukup membahayakan karena kemiringannya mencapai 45 derajat. Selain itu, kondisi jalannya pun memiliki tikungan yang sangat tajam diengan panjang jalan mencapai 700 meter.

Meski memiliki tanjakan maut, kawasan tersebut dihiasi tebing curam, hingga hutan nan hijau di kanan kiri jalan menjadi panorama eksotis yang memanjakan saat pengendara melintas di kawasan tersebut.

Bepenghias sepanjang jalan Tanjakan Panganten sehingga menjadikan para penggunanya harus hati-hati. Saat malam tiba, kondisinya semakin seram karena minimnya penerang jalan ditambah kabut yang menghiasi perjalanan.

Untu meminimalisir kecelakaan di Tanjakan Panganten, Polres Garut bersama masyarakat sekitar membuat bronjong penahan tanah dengan menggunakan bebatuan dan bekas.

Kapolres Garut AKBP Dede Yudi Ferdiansyah mangataka, memang pihaknya banyak menerima laporan terkait kondisi di Tanjakan Panganten yang rawan kecelakaan.

“Selain turunan yang curam, sering kali faktor human error menjadi salah satu penyebab kecelakaan disini (tanjakan panganten),” ujarnya, saat meninjau pembuatan bronjong di Tanjakan Panganten, Minggu (3/11/2019).

Untuk mengantisipsi terjadinya kecelakaan hingga langsung turun ke jurang. Pihaknya bersama warga membangun benteng penahan jalan (bronjong). “Minimal dengan benteng penahan ini bisa meninimalisir terjadinya kecelakaan yang fatal,” tandasnya. (*)

Penulis : Tim GE

Editor   : ER


LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here