Mengenang Jasa Para Pahlawan, Guru-Pelajar SMKN 1 Garut Gelar Teatrikal

garutexpress.id- Untuk mengenang jasa sekaligus sejarah pertempuran para pahlawan di Surabaya pada 10 November 1945 silam, berbagai cara dilakukan para pelajar. Salah satunya dengan menggelar pentas seni yang menggambarkan perjuangan para pahlawan.

Di SMKN 1 Garut, moment peringatan hari pahlawan ditandai dengan gelaran pentas seni teatrikal para guru bersama pejalarnya. Para guru beserta sejumlah siswa melakukan pentas teatrikal, berupa parodi pertempuran untuk mengusir penjajah dari bumi pertiwi.

“Dengan peringatan hari pahlawan diharapkan akan lebih menghargai jasa dan pengorbanan para pahlawan yang sudah berjuang pantang menyerah melawan para penjajah, ” tutur Kepala SMKN 1 Garut, H.Dadang Johar Arifin, kepada wartawan disela-sela gelaran tetrikal di halaman SMKN 1 Garut Senin (11/11/2019).

Menurut H. Dadang, momentum hari pahlawan merupakan bentuk pengingat bahwa kemerdekaan yang dirasakan sekarang saat ini tidaklah dengan mudah diraih. Untun mendapatkannya, kemerdekaan ini harus diraih dengan cucuran keringat dan darah pengorbanan jiwa dan raga para pahlawan.

“Untuk meraih kemerdekaan ini tidak mudah. Para pahlawan dahulu harus mengorbankan jiwa dan raganya yang luar biasa. Terbukti, semangat juang tinggi yang ditunjukan para pahlawan dalam perjuangannya akhirnya membuahkan hasil.  Sebagai wujud rasa bangga dan dedikasi tinggi, maka kita adakan teatrikal serta parodi perjuangan untuk mengenang hari pahlawan yang dilakukan para siswa dan guru di sini (SMKN 1 Garut), ” ungkapnya.  (*)

Penulis : Zian

Editor  : ER


LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here