Kuliner Legendaris Sate Maranggi, Kini Hadir di Garut

garutexpress.id – Anda penyuka sate? Makanan yang satu ini memang melegenda, bahkan Presiden Amerika, Barack Obama pun menyukai makanan yang satu ini. Ada kabar gembira soal Sate Maranggi khas Purwakarta itu, kini hadir di Kabupaten Garut,  yaitu Sate Maranggi Soedirman.

Beralamat di Jalan Sudirman no 123 Garut atau tepat bersebrangan dengan RS Nurhayati. Sate Maranggi Soedirman itu akan dijajakan untuk pertama kalinya pada Jum’at tanggal 22 November 2019 pukul 10:00 – 22:15 WIB.

Owner Sate Maranggi Soedirman, Aji Sabda mengatakan bahwa tidak saja hanya Sate Maranggi yang disajikan, namun ada menu andalan lain yang tak kalah nikmatnya.

“Ditunggu kedatangannya bagi penggemar sate, sop janda , gule duda , nasi goreng dan masih banyak yang lainnya. Soal rasa Insaallah yang terbaik dari yang terbaik” Tutur Aji.

“Jangan sampai kehabisan” sambungnya.

Sate Maranggi Soedirman (Istimewa)

Sejarah Sate Maranggi

Kata Maranggi berasal dari suku kata bahasa Sunda, artinya adalah daging sapi yang dipotong. Kemudian daging tersebut mirip sate dan direbus.

Versi lain menyebutkan sejarah Sate Maranggi ini berasal ratusan tahun lalu. Tentunya bukan berasal dari mak Ranggi tapi berasal dari pedagang China yang menetap di Indonesia.

Dulunya awal mulanya sate ini dibuat dari daging babi. Karena daging babi tidak diperbolehkan, maka warga sekitar menggantinya dengan daging yang halal. Dalam hal ini, daging yang dipilih adalah daging sapi atau daging lainnya.

Bumbu sate ini sekilas mirip dengan bumbu dendeng  yang banyak ditemukan di china. Darisanalah, banyak yang mengatakan kalau asal mulanya berasal dari negeri tersebut.

Setelah sekian lama warga China menetap di Indonesia, tentunya terjadilah percampuran budaya. Akulturasi budaya ini memang cukup kental. Ini tidak bisa diabaikan begitu saja. Salah satunya adalah kulinernya.

Sate menjadi salah satu jenis kulinernya. Cuma warga sekitar mengganti bahan dengan daging sapi ataupun kambing. (Adv)

Penulis : Sidqi Al Ghifari


LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here